Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Plus dan Minus iOS, Sistem Operasi iPhone dari Apple

 

ios
sumber : Apple.com/id



iOS merupakan sistem operasi Mobile yang dikembangkan oleh Apple. inc untuk perangkat smartphone mereka, yaitu iPhone. Sistem operasi ini eksklusif hanya digunakan oleh iPhone saja sehingga brand selain Apple tidak ada yang menggunakannya.

Dari keeksklusifannya itu, apa saja keuntungan dan kekurangan dari sistem operasi iOS ini ? Mari kita bahas.

a) Keuntungan

1) Eksklusif

Hanya iPhone dari Apple saja yang memakai sistem operasi iOS ini. Tidak hanya OS saja, iPhone juga mempunyai SoC kembangan sendiri, yaitu Apple A Series. Memakai iPhone dengan OS dan SoC lebih ada kesan berbeda jika dibandingkan dengan Android yang lebih universal.

iPhone juga hanya memiliki smartphone kasta flagship saja sehingga lebih menambah kesan "gengsi".

Kesan eksklusif juga berpengaruh dengan nilai harga jual iPhone bekas yang biasanya lebih tinggi daripada smartphone Android sekelasnya.

2) Ekosistem

ekosistem apple
sumber : Medium


iPhone terkoneksi dengan seamless dengan beberapa perangkat Apple yang lain, seperti iPad, MacBook, AirPods, dan lain-lain yang biasa disebut ekosistem Apple. Contoh keuntungan dari ekosistem Apple antara lain :
  • Bisa copas teks antar perangkat
  • Bisa memakai iPhone sebagai webcam untuk MacBook
  • iPad bisa digunakan sebagai second screen dari MacBook
  • AirDrop untuk transfer file antar perangkat
  • Hanya dengan membuka AirPods, bisa terkoneksi dengan perangkat Apple yang lain.
  • Dll
Ekosistem ini masih susah disaingi oleh brand lain. Walaupun, Samsung sudah mulai mengembangkan ekosistem serupa dan mulai bisa menyaingi ekosistem Apple.

3) Pengembangan App yang lebih mudah

Mengembangkan App untuk iOS terkesan lebih mudah daripada Android. Karena, iOS hanya digunakan di sedikit perangkat iPhone dibandingkan Android yang bisa berasal dari berbagai brand dan berbagai rentang harga sehingga untuk mengoptimalkan app di Android lebih sulit.

4) Tampilan yang Simple dan Animasi yang mulus

tampilan ios
sumber : wikipedia


Tampilan dari iOS tidak terlalu rame dan animasi saat buka tutup aplikasi terasa mulus meskipun layar iPhone anda 60Hz sekalipun. Menurut saya memang sudah sewajarnya untuk perangkat flagship memiliki UI yang simple dan mulus.

5) Banyak App Bawaan atau service yang Bagus

Contohnya Apple TV, iCloud (untuk backup data), iMessage, FaceTime, Apple Music, Apple Podcast, Apple Map, Home, Health, Journal, dll.

Untuk assistant manager juga ada Siri yang merupakan saingan dari Google Assistant dan Bixby.

b) Kekurangan

a) Ekosistem terlalu tertutup

Kalau kita sudah banyak membeli perangkat Apple atau teman-teman kita menggunakan iPhone, niscaya akan susah untuk beralih menggunakan smartphone Android dan meninggalkan iPhone karena selain ekosistem yang seamless, ekosistem Apple juga terlalu tertutup.

Contohnya ?
  • Contohnya iMessage yang kalau menerima pesan dari perangkat Android tidak akan maksimal fungsionalitasnya ditandai dengan gelembung hijau Android dan gelembung biru dari iPhone. Sehingga anda tidak mungkin meninggalkan iPhone anda. Namun, itu hanya terjadi di US karena diluar US, App messaging yang populer seperti WhatsApp, Telegram lebih banyak digunakan.
  • Kalau anda sudah berlangganan layanan seperti iCloud, Apple TV tentu akan sulit untuk beralih menggunakan smartphone Android.
  • Transfer data dengan perangkat non-Apple sangat sulit. Misal, anda memiliki iPhone sementara anda memiliki laptop/PC Windows. Untuk bisa transfer file, anda harus memakai app iTunes setahu saya. Beda sekali dengan smartphone Android yang kalau mau transfer file ke laptop/PC Windows tinggal colok kabel USB saja.
b) Minim kustomisasi tampilan

iPhone dengan iOS meski memiliki tampilan simple, dia sulit untuk dikustomisasi berbeda dengan Android yang anda bisa kustom seperti fingerprint, widget, lockscreen, folder, font, dan lain-lain sesuka hati anda.

c) Harga iPhone yang mahal

Harga iPhone memang seringkali lebih mahal daripada alternatif Android-nya. contohnya iPhone 15 Pro Max di Indonesia harganya 25 - 33 juta tergantung penyimpanan. 

Kalau anda orangnya sangat memikirkan value, tentu value smartphone Android lebih baik di harga iPhone 15 Pro Max tadi anda bisa beli flagship lain seperti Samsung S23 Ultra, Samsung Z Fold5 dan lain-lain.

Hal ini juga berlaku untuk iPhone lama. Contohnya iPhone 11 yang masih menggunakan layar IPS 60Hz, storage 64GB namun harganya 7 juta. Kalau secara value, jelas ada pilihan lebih baik contohnya Xiaomi 13T, Oppo Reno10, dll.

3) Penutup

Mungkin itu saja artikel mengenai kelebihan dan kekurangan iOS semoga bisa menjadi pertimbangan bagi anda yang ingin membeli iPhone.




Post a Comment for "Plus dan Minus iOS, Sistem Operasi iPhone dari Apple"