Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Plus dan Minus Android, Sistem Operasi Mobile Dari Google

 

sumber : wikipedia

Android merupakan sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Google LLC. Android ini merupakan sistem operasi universal yang digunakan oleh berbagai macam brand karena sifat open sourcenya. Android tidak hanya digunakan di smartphone, tapi juga tablet, Smart TV, Smartwatch, dan lain-lain sehingga kembali menegaskan kalau Android adalah sistem operasi universal di dunia berbeda dengan iOS yang terkesan eksklusif.

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan sistem operasi ini ? Mari kita bahas.

1) Kelebihan

a) Open Source

Kita lihat dari berbagai macam brand yang menggunakan Android untuk produk mereka, tampilan dan layanannya berbeda-beda. Kenapa bisa begitu ? Karena Android bersifat open source dan brand berhak untuk memodifikasi Android itu untuk menjadikannya lebih menarik.

b) Tersedia di berbagai macam rentang harga

Berbeda dengan iOS yang hanya ada perangkat flagship yang harganya puluhan juta, Android tersedia di semua rentang harga dari yang satu jutaan sampai yang puluhan juta semua ada.

Ini membantu anda kalau misalkan anda membutuhkan smartphone di rentang harga tertentu. Misal budget anda 5 juta dan anda membutuhkan smartphone ada pilihan seperti Samsung A54, vivo V29, Poco F5, dan lain-lain.

c) Kustomisasi dan Multitasking

Anda bisa leluasa mengkustom UI smartphone anda dengan Android seperti kustom widget, lockscreen, folder, icon app, fingerprint, dan lain-lain. Bahkan di brand tertentu, anda bisa custom rom, unlock bootloader, dan lain-lain kalau anda tahu caranya.

Anda bisa multitasking dengan mudah membuka berbagai app sekaligus dengan split screen dan floating window.

d) Ekosistem lebih terbuka

Meskipun tidak se-seamless Apple, ekosistem Android lebih terbuka dengan berbagai perangkat. Contohnya
  • transfer file smartphone Android ke PC/Laptop Windows hanya tinggal colok kabel USB saja.
  • Layanan seperti Google, Google Drive, YouTube Music, Google One, Google TV, YouTube, Google Podcast, dan lain-lain ada di hampir semua perangkat mobile maupun desktop.

2) Kekurangan

a) Pengembangan App lebih sulit

Pengembangan App di Android lebih sulit daripada iOS karena model perangkat Android jumlahnya banyak banget berbeda dengan iOS yang hanya beberapa model saja. Sehingga, developer lebih sering mengambil jalan tengah yaitu tidak sepenuhnya mengoptimasi app mereka supaya bisa berjalan di perangkat low-end sekalipun.

Itulah alasan pengembangan app di iOS bisa lebih maksimal daripada Android.

b) Update Software tergantung brand

Berbeda dengan iOS, yang mendapatkan 5 atau 6 kali update iOS untuk perangkatnya. Android ini update softwarenya tergantung dari si manufaktur smartphone yang kita gunakan.

Contohnya dari Google sendiri yang bisa update sampai 7 kali versi Android, Samsung yang bisa update 4 kali versi Android dan 5 tahun update keamanan.

Kalau melihat kedua brand itu, updatenya sudah cukup lama karena biasanya kita akan ganti smartphone kalau umurnya sudah menginjak 3 tahun lebih. Namun, beberapa brand terkadang masih belum jelas updatenya dan bisa berbeda tergantung seri

Contohnya Xiaomi dengan seri Xiaomi mendapat update 4 tahun Android dan 5 tahun keamanan sedangkan seri Redmi Note umumnya hanya mendapatkan update 2 tahun Android dan 3 tahun kemanan.




Post a Comment for "Plus dan Minus Android, Sistem Operasi Mobile Dari Google"