Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Merilis ISOCELL HP2 200MP Untuk Galaxy S23 Ultra

 Samsung Electronics baru saja mengumumkan sensor terbaru 200MP mereka, bernama ISOCELL HP2. Itu berukuran 1/1.3" dengan pixel 0.6μm dan datang teknologi baru brand untuk memperluas dynamic range dan meningkatkan reproduksi warna.

isocell hp2

Nama HP2 mungkin memberikan pikiran kalau ini lebih buruk dibandingkan ISOCELL HP3, tapi nyatanya, itu hanya berhubungan dengan ukuran pixel individu. Perusahaan mengatakan di press release bahwa sensor baru "Rasakan sensor gambar resolusi tinggi Samsung dan pengetahuan canggih untuk detail epic", berarti ini adalah produk terbaik dari brand Korea tersebut untuk saat ini.

Samsung membawa teknologi Pixel-binning terbaru mereka disebut Tetra2Pixel. Di ruangan redup, HP2 bisa bin 4-ke-1 dalam pixel 1.2μm dan resolusi 50 MP atau 16-ke-1 untuk pixel 2.4μm dan menghasilkan gambar 12.5 MP. Video 8K penuh didukung dengan 4-ke-1 binning dan pixel 1.2μm.

HP2 bisa melakukan burst 15fps pada resolusi asli 200MP, yang dua kali lebih besar dari HP3 dan 50% lebih baik dari sensor 100 MP HM3.

isocell hp2 ilustrasi
Sensor juga datang dengan Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG) untuk menghindari highlight yang ditiup. Itu diklaim untuk meningkatkan kapasitas penuh baik lebih dari 33%, berarti pixel individual bisa memperoleh sepertiga cahaya lebih sebelum diklip.

Teknologi Super QPD mengenali kedua pola baik itu horizontal maupun vertikal sehingga bisa menyajikan AF yang cepat dan akurat meski dalam kondisi low-light.

isocell hp2 ilustrasi 2
ISOCELL HP2 adalah sensor pertama yang menggunakan fitur Samsung DSG (Dual Slope Gain) di mode 50MP. Itu melakukan dua konversi nilai  terpisah ke sinyal analog yang diterima dalam level pixel, membawa "performa super HDR". Ini artinya bahwa itu bisa menangkap dua exposure menghindari resiko kehilangan detail dalam mode HDR konvensional. Juga, ini memungkinkan dia untuk menangkap 4K 60fps video HDR.

Sensor sudah dalam produksi, dan kita akan melihat debutnya di Samsung Galaxy S23 Ultra yang rilis tanggal 1 Februari.


Post a Comment for "Samsung Merilis ISOCELL HP2 200MP Untuk Galaxy S23 Ultra"