Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MKV vs MP4, Mana Yang Lebih Baik ?

 

perbedaan file mp4 dan mkv

Untuk file video kita umum menjumpai dua format file yaitu .mp4 dan .mkv. Sebenarnya apa perbedaan keduanya ? Dan mana yang lebih baik ? Kita akan coba bahas di postingan ini.

1) File MP4

file mp4

File format .MP4 adalah format file video yang paling umum untuk mendownload dan streaming video di internet.

Format .MP4 dibuat pada tahun 2001 dibawah ISO/ IEC 14496-12 : 2001 standar oleh ISO / IEC dan Motion Picture Experts Group (MPEG). Karena itu, MP4 adalah standar internasional untuk pengkodean audio-visual.

Karena MP4 adalah format file standar untuk video, maka hampir semua pemutar video mendukung format ini pada berbagai platform baik itu desktop maupun mobile.

2) File MKV

file mkv

MKV merupakan kependekan dari Matroska Video Container. MKV merupakan format kontainer yang memiliki sifat terbuka dan bisa menyimpan audio, video, subtitle, dalam satu file meskipun kompresinya berbeda.

Konsep MKV adalah open source yang membuatnya berbeda dari format video yang lain khususnya MP4 dan AVI. MKV juga memiliki beberapa fitur unik diantaranya :
  • Dukungan pencarian cepat
  • Dukungan subtitle (soft maupun hard)
  • Mempunyai chapter
  • Bisa memilih aliran video dan audio yang berbeda
  • Bisa digunakan untuk streaming online
  • Dapat dijalankan meskipun sebagian file mengalami kerusakan

3) Perbedaan MP4 dan MKV

a) Kompatibilitas

MP4 sangat umum di berbagai platform sehingga hampir semua video player mampu memutarnya. Sedangkan, MKV membutuhkan media player tertentu untuk bisa membukanya. Sehingga MKV lebih baik untuk diputar di desktop dan MP4 lebih baik di perangkat mobile.

b) Keperluan

MKV digunakan untuk streaming online dan keperluan film seperti mengekstrak file film dari Blu-Ray. MKV juga ada beberapa fitur yang membantu untuk film misalnya subtitle, chapter, pencarian cepat, dll.

Sementara MP4 lebih ke keperluan umum seperti video biasa, video di web karena kompatibilitas yang sangat tinggi.

c) Ukuran

Ukuran file MKV cenderung akan lebih besar daripada MP4. Bahkan, MP4 menjadi format file dengan ukuran terkecil jika dibandingkan dengan format berkualitas yang lain.

d) Kualitas 

Meskipun ukurannya lebih besar, file MKV belum tentu memiliki kualitas yang lebih baik karena kalau kedua file tersebut encodenya sama, kualitas gambar audionya sama, dan pengaturannya sama pula, maka kualitas video dan audionya juga akan sama persis.

Jadi, tidak bisa disimpulkan kalau file MKV lebih baik dari MP4 hanya karena ukuran yang lebih besar.

Itu saja pembahasan mengenai format file video MKV dan MP4. Kira-kira menurut kalian mana yang lebih bagus ?

Post a Comment for "MKV vs MP4, Mana Yang Lebih Baik ?"