Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[GadgetIn] realme Pad mini, Tablet 2 Jutaan yang Bisa Saya Rekomendasikan

 


Ini adalah review produk baru realme Indonesia, realme Pad mini dari channel Youtube GadgetIn. Jadi artikel ini merupakan ringkasan dari video review GadgetIn tentang realme Pad mini.

1) Tablet Rekomendasi 2 Jutaan

Kalau anda sedang mencari tablet basic yang kelasnya g perlu tinggi-tinggi. Yang penting untuk nonton. main, sosmed enak realme Pad mini bisa saya rekomendasikan.

2) Harga

harga realme pad mini

harga realme pad mini


Harga realme Pad mini itu 2 jutaan yang bang David bilang sangat sensitif mengingat dia menaruhnya di judul dan thumbnail videonya. Karena biasanya 2 jutaan bisa diartikan sebagai 2,999 juta.Tebakan itu cuma 25% benar karena realme Pad mini memiliki 4 varian tergantung varian RAM/Storage dan tipe WiFi dan LTE.

Untuk tipe WiFi only, ada varian 3/32 GB harganya di Rp 2,399 juta dan varian 4/64 GB harganya di Rp 2,799 juta.Untuk tipe LTE, varian 3/32 GB harganya di Rp 2,699 juta dan varian 4/64 GB harganya di Rp 2,999 juta. untuk tipe WiFi akan dijual eksklusif online dan tipe LTE akan dijual eksklusif offline.

3) Desain

desain realme pad mini

desain belakang realme pad mini


Desain tablet ini kelihatan sudah sesuai. Polosan saja tanpa hiasan hanya ada aksen garis di atas dan bawah yang berfungsi sebagai garis antena. Di pojok kanan bawah ada logo realme dan di kiri ada satu kamera 8 MP.

Feel body tablet ini sudah terasa solid karena terbuat dari metal alumunium alloy. Bobotnya ringan di 370 g dan ketebalan 7.6 mm saja.

bagian kanan realme pad mini

bagian atas realme pad mini

bagian kiri realme pad mini

bagian bawah realme pad mini

Di sebelah kanan, ada tombol Power dan tombol Volume. Di Atas, ada headphone jack dan speaker. Di kiri, ada SIM Tray Hybrid. Di sisi bawah, ada lubang mikrofon, port USB Type C, dan Speaker lagi. Jadi,speaker di realme Pad mini sudah pakai sistem stereo.

4) Speaker

Speaker hp ini udah cakep. Jauh lebih bagus daripada speaker hp 2 jutaan. Bahkan, speaker hp 5 jutaan masih kalah sama speaker realme Pad mini.

5) Layar

ukuran layar realme pad mini

realme pad mini sebagai pengganti laptop


Ukuran layarnya 8.7 inchi saja tergolong kurang lebar untuk sebuah tablet.Menurut bang David, ukuran layar ini gak cocok kalau dipakai kerja buat ngetik dalam waktu lama kayak kurang lega layarnya. Meskipun, dia bisa terkonek ke keyboard Bluetooth buat jadi laptop dadakan.

warna layar realme pad mini



Fungsi utama realme Pad mini adalah 90% hiburan. Warna layar IPS nya udah cakep dipake buat nonton, streaming, main sosmed. Refresh ratenya 60 Hz dan resolusi layarnya 1340 x 800 px. 

Kalau kita ngeliat layarnya dari dekat kayak kita pake hp, iconnya berasa kurang mulus. Tapi,kalau liatnya agak jauhan jadi aman.

6) Ui

ui realme pad mini


Performa main gamenya enak dengan catatan unit yang dibahas oleh bang David adalah varian RAM 4 GB. Kalau yang RAM 3 GB agak beda kalau dipake buat game berat. Kalau buat aplikasi biasa, harusnya gak masalah.

Ui nya simpel soalnya. OS yang dipakai adalah realme UI R Edition yang biasa dipake di hp entry levelnya realme biar enteng dan g makan banyak RAM.

7) Chipset & Performa

skor antutu 9 realme pad mini


Chipsetnya pake Unisoc T616. Kelihatan kurang keren tapi kalau dilihat performa nyatanya di benchmark AnTuTu 9 dia bisa dapet di 220 ribuan. Buat main MLBB setting grafis high dan refresh rate tinggi, tablet ini bisa ngasih frame rate di 60 rata.

fps genshin impact realme pad mini


Kalau buat main PUBG kurang cocok kayaknya karena settingan frame ratenya mentok di 60 fps. Padahal harusnya bisa lebih soalnya pas bang David test tablet ini buat main Genshin setting lowest, tablet ini masih bisa ngasih frame rate 32-an fps. Masih banyak ngeframenya tapi masih bisa dibuat main. Selama 30 menit main, dia naik turun 25-30 fps. Buat tablet 2 jutaan, ini udah cakep

8) Suhu Kerja

Suhu tablet ini gak panas. Dipake main Genshin 30 menit, suhu tertingginya hanya di 38º di bagian atas sementara sisanya 33-35º doang.

9) Daya Tahan Baterai

Baterai 6400 mAh nya berasa irit daya. Pas bang David pake buat nyetel lagu jazz di Youtube buat nemenin kerja selama 2 setengah jam dengan brightness 50%  baterainya cuma kurang 15%. Kalau mau abis dipake nonton dari baterai full, kurang lebih 15 jam.

Game Mlbb setengah jam makan 5%. PUBG 5% juga dan Genshin 7%.

10) Charging

Chargenya juga lumayan cepet. Charger yang didapet 18W yang bisa ngisi 0-100% butuh waktu 2 setengah jam.

11) Kualitas Kamera

foto cahaya terang realme pad mini

foto dalam ruangan realme pad mini

foto cahaya minim realme pad mini


Kualitas kameranya menurut bang David asal ada aja. Asal gambar yang ditangkep masih keliatan jelas udah cukup mau terang mau low-light. Peran kamera tablet memang hanya untuk sebatas video call saja sih.

12) Alasan Memori Tablet Gak Gede

Tablet gak bakal buat sering memotret foto makanya memorinya gak perlu yang gede-gede banget. bang David pernah pake iPad tahun 2018 dan itu memorinya cuma 64 GB dan itu cukup menurutnya.

13) Kesimpulan

realme Pad mini adalah suatu tablet yang bisa dipilih kalau anda mencari tablet murah. Tapi, kualitasnya berasa serius. Gak ada dealbreaker yang harus diperhatiin. Paling kelemahannya realme gak menyediakan stand di paket penjualan.



Post a Comment for "[GadgetIn] realme Pad mini, Tablet 2 Jutaan yang Bisa Saya Rekomendasikan"