Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Miracast ? Bagaimana Cara Menggunakannya di Hp Android ?



Miracast merupakan standar koneksi nirkabel yang diumumkan oleh Wi-Fi Alliance pada tahun 2012.Umumnya digunakan pada perangkat smartphone untuk bisa berbagi layar/tampilan pada layar yang lebih luas contohnya laptop, monitor, maupun tv tanpa harus memakai kabel.

Jadi,intinya teknologi Miracast ini bisa kalian gunakan untuk membagi tampilan smartphone ke laptop, monitor, maupun tv.

Kali ini saya akan bahas caranya baik itu untuk ke laptop, monitor maupun tv.

1) Cara Mirroring ke Laptop (Windows)

a) Download dulu Miracast di hp android kalian.Ini fungsinya untuk mengakses pengaturan screen mirroring saja di hp kalian.Karena tiap brand pasti punya ui settingan yang beda.Ini untuk mempermudah saja akses settingannya

b) Akses Settings < System < Projecting to this PC (Untuk Windows 10/11) .Kalau anda disuruh menginstall Wireless Display, install saja (jangan lupa matikan metered connection dulu supaya bisa download).Kalau sudah,jangan lupa setting seperti ini.




c) Pastikan hp dan laptop berada di jaringan WiFi yang sama.

d) Buka aplikasi "Connect" di laptop kalian.




e) Buka aplikasi Miracast di hp android kalian lalu tekan "Connect" dan pilih salah satu yang merupakan laptop kalian




f) Tunggu sampai berhasil. Seperti ini contohnya


2) Cara Mirroring ke Monitor/TV

a) Pertama, siapkan alat buat Miracast dulu namanya HDMI Dongle Anycast kalau tidak salah. Harganya tidak mahal kok hanya 70-80 rb an saja. Anda bisa beli di toko online kalau anda percaya dengan penjualnya.

contoh dongle anycast



b) Kalau udah ada alatnya,silahkan colokkan ke port HDMI di TV kalian.Oh,ya TV nya ini yang penting ada port HDMI-nya ya tidak perlu Smart TV maupun Android TV. 


c) Switch mode TV kalian ke HDMI. Tiap TV punya cara sendiri untuk switch ke mode HDMI.


d) Sementara USB yang satunya dicolokkan ke port USB TV kalian.Kalau tidak ada, kalian bisa coba colokkan USB ke kepala charger hp kalian lalu itu kalian colokkan ke Sumber listrik.


konek ke tv

e) Setelah terdeteksi, silahkan pilih mode yang diperlukan. Kalau perangkat anda adalah perangkat Apple contohnya iPhone pilih Airplay Mode kalau selain itu, bisa pilih Miracast Mode. Untuk mengganti modenya mudah tinggal tekan tombol yang ada di Dongle Anycast itu.

mode miracast

f) Buka aplikasi Miracast lalu klik "Connect". Pilih device Mirascreen yang ada di sana untuk mengkoneksikannya

device miracast
g) Contoh screen hp yang sudah terkoneksi ke TV
\




Post a Comment for "Apa itu Miracast ? Bagaimana Cara Menggunakannya di Hp Android ? "