Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Galaxy A33 5G, Penerus Samsung Galaxy A52 ?

 

Samsung Galaxy A33 5G baru saja diumumkan secara resmi oleh Samsung di Indonesia.Samsung Galaxy A33 5G ini adalah hp Samsung yang harganya 4-5 jutaan tergantung varian yang anda pilih.Selisih satu juta dengan Galaxy A53 5G.Kira-kira bagian apa saja yang berbeda dengan Galaxy A53 5G sehingga harganya lebih murah ?

Apakah lebih worth dari Samsung Galaxy A53 5G ?


Mari kita simak dari video Review GadgetIn tentang Samsung Galaxy A33 5G di bawah ini


Rangkuman :

David GadgetIn menyatakan kalau anda mencari hp Samsung yang baru,maka Samsung Galaxy A33 5G adalah yang paling oke buat dipilih.Upgradenya paling berasa dari generasi kemarin.Bahkan dia bilang kalau ini bukan upgrade dari Galaxy A32 melainkan Galaxy A52,yang dulu sangat dikenal sebagai hp 5 jutaan Samsung favorit banyak orang.

Harga Galaxy A33 5G untuk varian 8/128 GB adalah 4,999 juta.Varian 6/128 GB adalah di 4,699 juta.Varian paling tinggi yaitu 8/256 GB adalah di 5,499 juta.Kalau ada budget lebih,jelas varian 8/256 GB paling worth it untuk 2-3 tahun ke depan karena Sim Tray-nya Hybrid yang kalau kita udah pake 2 sim kita gak bisa pasang Micro SD.

Varian warnanya ada Awesome Blue, Awesome Black,Awesome White,dan Awesome Peach.

Untuk desainnya simple banget,jendolan kameranya menyatu dengan body belakang jadi kelihatan mulus banget.Bahkan sampai ke pilihan warnanya juga mulus,polos tapi fun untuk dilihat.Finishing bagian belakang body-nya dibikin polos jadi pantulan cahayanya halus saja dan kalau dipegang rasanya tetap mulus.Ini memberikan kesan premium meskipun bagian belakangnya terbuat dari polikarbonat.

Untuk bagian framenya,dia terbuat dari metal dan warnanya mengikuti back cover jadi bakal senada.

Menurut David GadgetIn,feel pegang hp ini solid,berasa keras,bobotnya tidak terlalu berat yang masih di bawah 200 g dan ketebalannya juga pas.

Di sisi kanan,ada tombol power dan volume.Di atas ada Mikrofon beserta SIM Tray Hybrid.Di kiri polos saja tidak ada apa-apa.Di bawah ada Mikrofon,port USB Type C,dan Speaker.Speaker hp ini sudah Stereo.Speaker bawahnya disupport dengan earpiece di bagian atasnya.

Menurutnya,speaker bagian atas dan bawahnya balance dengan detail oke dan bass yang lumayan oke.Ada Dolby Atmos juga yang bikin suaranya lebih nendang dan bass-nya lebih berasa.Sayangnya,Galaxy A33 5G ini sudah menghilangkan headphone jack yang menurutnya Samsung Seri A bakal mengikuti Seri S yang sudah 2-3 tahun menghilangkan headphone jack.

Galaxy A33 5G ini punya IP Rating IP67 untuk proteksi terhadap air.Namun,lagi-lagi seri A perlahan mengikuti Seri S flagship dengan tidak menyertakan kepala charger di paket penjualannya.

Sebagai gantinya,Samsung memberikan layanan ala flagship juga untuk Galaxy A33 5G yaitu update One UI dan Android sampai 4 tahun ke depan ditambah update security patch sampai 5 tahun.

Bagian layar hp ini menggunakan ukuran 6,4 inchi,resolusi Full HD+,panel Super AMOLED dengan refresh rate 90 Hz.Kaca yang dipakai pun Gorilla Glass 5

Bagian mesin hp ini menggunakan Exynos 1280 5G.Bagian ini yang paling membuat upgrade dari Galaxy A52.Dengan harga yang sama, Galaxy A33 sudah support jaringan 5G.Sebuah fitur yang biasanya butuh banyak duit untuk mendapatkannya.

David juga sempat menyinggung soal Redmi Note 11 Pro dan Redmi Note 11 Pro 5G yang mirip banget soal speknya cuma beda di teknologi 5G-nya,selisihnya bisa 400-500 ribuan.Tapi Galaxy A33 mirip banget dengan Galaxy A52 yang pake Snapdragon 720G tapi harganya sama.

Performa yang ditawarkan Exynos 1280 juga lebih tinggi dari Snapdragon 720G.Exynos 1280 bisa mencapai 420 ribuan sedangkan Snapdragon 720G 330 ribuan.Selisihnya antara 20-30%.Untuk Geekbench pun,Exynos 1280 pun jauh lebih kenceng dari Snapdragon 720G baik single-core maupun multi-core.

Untuk main MLBB,frame rate yang didapat 55-60 fps rata-rata 58 fps kalau main beberapa game.Untuk PUBGM,agak problem karena settingannya masih mentok di Smooth High 30 fps.Untuk main Genshin di settingan Lowest,rata-rata frame rate yang didapat 31 fps setelah 30 menit dimainkan.Untuk suhunya saat main Genshin,paling panas ada di bagian belakang dekat kamera dengan suhu 38-39 ⁰ C.Untuk di area lain itu ada di 31-35⁰ C.

Untuk daya tahan baterai dengan kapasitas 5000 mAh-nya,itu sama seperti smartphone dengan baterai 5000 mAh pada umumnya.Untuk main MLBB setengah jam 7%,PUBGM setengah jam 6%,Genshin setengah jam 12%,Tiktok 1 jam 6%.Bisa tahan 6-7 jam kalau dihidupkan terus kalau menurut David.

Untuk speed charging-nya,hp ini sudah support 25W fast charging.David menggunakan charger 30W untuk tes pengisian daya.Dalam setengah jam,dia terisi 32% dan kalau mau penuh itu dalam 1 jam 45 menit.Speed yang tidak terlalu cepat namun tidak lambat juga menurut David.

Untuk bagian kamera,Galaxy A33 menggunakan sistem 4 kamera,yaitu kamera utama 48 MP dengan OIS,Kamera Ultra-Wide 8 MP,Kamera Makro 5 MP, dan Kamera Depth 2 MP.Untuk kamera depannya 13 MP.

Hasil fotonya bisa dibilang cakep.Kalau foto di outdoor,warnanya cerah,detailnya tajam,dynamic range luas,processing yang gak lebay.Berasa enak di mata.

Foto indoor juga sama bagusnya walaupun jumlah cahaya yang masuk udah tidak sebanyak outdoor.OIS nya lumayan membantu warna dan detail masih bisa dijaga dengan baik.

Untuk keadaan low-light,baru teknologi OIS nya sangat membantu.Walaupun detailnya jelas menurun daripada foto siang hari,cuma gambarnya lebih jarang goyang dan warnanya masih enak untuk dilihat.

Untuk hasil foto kamera ultra-widenya juga tidak terlalu jomplang dengan kamera utamanya.Ini bisa jadi nilai plus soalnya agak jarang ada hp yang kamera ultra-wide dan kamera utamanya gak jomplang banget.

Untuk perekaman video kamera belakangnya bisa mencapai resolusi 4K 30 fps yang hasilnya bagus meskipun videonya di tempat indoor.Untuk perekaman low-light juga masih keliatan obyek-obyeknya meskipun detail juga jelas menurun di sini.

Untuk perekaman video kamera depannya juga bisa merekam dengan resolusi 4K 30 fps.Tangkapan suaranya lebih bagus daripada hp sekelas yang jarang diperhatikan oleh brand lain.

Masih soal kamera,di Galaxy A33 ada fitur seperti Object Eraser yang bisa anda gunakan untukyai menghapus obyek yang menganggu foto anda.

Kesimpulan untuk Galaxy A33 menurut David,

Meskipun hp ini ada minus-nya seperti tidak ada headphone jack dan kepala charger yang dijual terpisah.Namun,Samsung bisa mengakalinya dengan memberikan nilai plus yang lebih banyak lagi seperti fitur-fitur kunci yang disenangi user dari generasi sebelumnya contohnya desain yang fun,fitur IP67,stereo speaker,kamera andalan dengan OIS tetap dijaga.

Di tambah lagi,mereka memberikan 4 tahun update software serta 5 tahun update security patch.Yang paling penting,yaitu hp yang udah support jaringan 5G tanpa harus menambah biaya lagi.Menurut David,Galaxy A33 adalah hp paling mantep dari Seri A generasi tahun ini.

Itu dia rangkuman dari video review GadgetIn tentang Samsung Galaxy A33 5G.Sampai jumpa di post berikutnya dan semoga bermanfaat




Post a Comment for "Samsung Galaxy A33 5G, Penerus Samsung Galaxy A52 ?"