Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oppo A96, 4 Jutaan Hp Oppo Paling Masuk Akal ?

 



Oppo baru saja launching smartphone Seri A terbaru mereka yaitu Oppo A96.Oppo memang brand yang terkenal dengan build quality dan desain hp mereka yang menarik.Bahkan tidak jarang orang-orang beli hp Oppo hanya karena desainnya yang terkesan mewah.

Namun,tidak jarang juga hp Oppo kerap dianggap juga sebagai hp yang overprice.Untuk harga tertentu,spesifikasi yang di dapat bisa di bilang kurang jika di bandingkan dengan brand-brand lain.Makanya,untuk orang-orang yang mengikuti perkembangan teknologi hp,Oppo ini tidak terlihat menarik untuk seri entry- mid.Untuk hp flagshipnya,Oppo bisa di bilang luar biasa.


Apakah cerita yang sama akan terulang di Oppo A96 ? Mari kita rangkum dari video review GadgetIn untuk menemukan jawabannya.Untuk videonya ada di bawah ini


Rangkuman :

a) Harga Oppo A96

Oppo A96 harganya 4 jutaan lebih tepatnya 4,299 juta.Harga yang masuk akal jika di bandingkan hp Oppo yang lain.Bahkan David GadgetIn akan merekomendasikan Hp Oppo A96 ini jika di bandingkan hp Oppo yang lain.

b) RAM dan Storage





Menurutnya Oppo kelihatan ada usaha ekstra karena di memori internal yang ukurannya mencapai 256 GB yang di atas standar pasar yang kebanyakan masih mentok di 128 GB.Bahkan kita masih bisa upgrade penyimpanannya karena SIM Tray-nya Non Hybrid yang bisa pake Dual SIM dan satu slot Micro SD.

Untuk kapasitas RAM-nya adalah 8 GB yang masih bisa di extend menggunakan virtual RAM sampai 5 GB.

c) Chipset dan Performa


Chipset yang dipakai di Oppo A96 adalah Snapdragon 680 4G.David GadgetIn menyebut kalau ini adalah langkah yang berani dari Oppo karena Oppo Reno7 4G yang harganya 5 juta menggunakan chipset yang sama.Otomatis ini membuat Oppo A96 ini jadi lebih menarik.

Untuk rincian performanya, untuk bermain MLBB sudah bisa menjalankan settingan grafis ultra dan high frame rate di 60 fps stabil.PUBG Mobile settingnya tertahan di Smooth High 30 fps.Untuk Genshin Impact,sudah bisa stabil di settingan Lowest dengan frame rate naik turun 28-45 fps dengan rata-rata 38 fps selama setengah jam.

d) Layar



Layar Oppo A96 ini memiliki refresh rate 90 Hz yang membuat aktivitas seperti scrolling, pindah aplikasi jadi mulus banget.dan bisa adaptive untuk mengatur refresh ratenya dari 30 sampai 90 fps.

Oppo A96 menggunakan panel IPS LCD yang warnanya udah keliatan enak meskipun warna hitamnya tidak setotal AMOLED.Untuk resolusi layarnya udah Full HD+ dan ukurannya 6.6 inc.

e) Desain



Untuk feel pegangnya,menurut David GadgetIn tidak terasa besar walaupun ukurannya sudah di atas 6.5 inc.Bagian belakang bodinya sudah dikasih lengkungan biar lebih pas sama bentuk tangan.Lengkungan ini memberikan ilusi seakan hp-nya berasa lebih tipis.




Untuk varian warnanya ada Pearl Pink dan Starry Black.Teksturnya mirip dengan Hp-hp Oppo sebelumnya seperti Reno5,Reno6,dan Reno7.Mirip seperti kaca dengan tekstur matte yang berasa halus.




Di sebelah kanan,ada tombol power yang merangkap sebagai fingerprint.Di atas,ada lubang mikrofon,di kiri ada SIM Tray Triple Slot dan tombol volume.Bagian bawah ada audio jack 3.5mm,lubang mikrofon,port USB Type C,dan speaker yang stereo.Satu speaker ada di bawah dan satu lagi ada di bagian earpiece.

f) Kualitas Suara dan NFC

Kualitas suaranya menurut David GadgetIn itu standar karena speakernya lebih dominan yang bagian bawah.

Oppo A96 ini memiliki fitur NFC.

g) Kamera



Bagian yang terasa hilang dari Oppo A96 adalah kameranya yang terlihat ada dua lensa tapi sebenarnya cuma satu lensa yang terpakai yaitu lensa 50 MP yang satunya kamera bokeh 2 MP yang tidak usah terlalu dipedulikan.Buat kamera depannya sudah 16 MP.

h) Hasil Foto

Untuk tangkapan kamera di outdoor,udah bagus gambarnya lumayan tajam kadang warnanya pas kadang oversaturate.Untuk langit yang terang,proses dynamic rangenya serasa dipaksakan.Hasil foto indoor juga udah lumayan oke.

Untuk lowlight,detail fotonya terasa tidak tajam dan fotonya terlihat kurang terang.Harus dibantu night mode supaya foto malam lebih terang.Menurutnya,hasil foto ini paling menjadi kelemahan dari Oppo A96 ini.

i) Perekaman Video

Untuk perekaman video 1080p 30 fps nya,menurut saya kalau diajak jalan akan berasa ada goyangan wajar karena belum ada EIS untuk menstabilkan videonya.

Untuk video low-lightnya udah lumayan oke masih keliatan  meskipun tidak terang anda tidak bisa mengharapkan detail karena rata-rata semua kamera membutuhkan cahaya yang cukup untuk bisa mendapatkan detail.

Untuk video kamera depan,juga tidak jauh beda dari kamera belakang.

j) Baterai dan Charging

Daya tahan baterai Oppo A96 dengan kapasitas 5000 mAh termasuk standar saja.Untuk main MLBB 30 menit kurang 7% untuk Genshin Impact 30 menit kurang 11% dan Tiktok 1 jam 6%.

Untuk kecepatan chargenya menggunakan charger bawaan 33 W dalam setengah jam dia bisa mengisi 47% dan kalau mau sampai penuh butuh waktu 75 menit.

k) Kesimpulan

Kesimpulan menurut David GadgetIn yaitu Oppo berasa ada usaha lebih di hp ini dibandingkan seri Oppo yang lain.Usaha untuk memberikan konsumen value yang lebih tinggi.

Kekurangan hp ini yaitu di kualitas kamera yang tidak seperti hp Oppo pada umumnya yang lebih fokus ke bagian kameranya.

A96 memang cocok kalau anda mencari hp Oppo.Tapi kalau anda terbuka dengan brand lain,ceritanya bakal beda.

Mungkin itu saja rangkuman review GadgetIn mengenai Oppo A96.Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di post berikutnya.




Post a Comment for "Oppo A96, 4 Jutaan Hp Oppo Paling Masuk Akal ?"