Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Redmi 12C : Kelebihan, Kekurangan, dan Alternatif

 


Redmi 12C merupakan smartphone Xiaomi entry level yang baru dirilis ke tanah air. Kira-kira apa kelebihan, kekurangan serta alternatif/ pesaing Redmi 12C di kelas harga yang serupa ? Mari simak postingan ini.

1) Kelebihan Redmi 12C

a) Baterai besar 5000 mAh

Redmi 12C memakai baterai besar 5000 mAh yang daya tahan baterainya lumayan oke untuk scroll tiktok 1 jam kurang 7-8%, MLBB setengah jam 7%, dan PUBGM setengah jam 8% (sumber : GadgetIn).

b) Storage 128 GB yang sangat terjangkau



Redmi 12C mempunyai 3 varian yaitu 3/32, 4/64, dan 4/128 GB dan harganya masing-masing Rp 1.399, 1.599, dan 1.799 juta. Storage 128 GB di bawah 2 juta itu sangat value deal yang bakal susah anda temukan di brand lain yang rata-rata masih di atas 2 juta kalau ingin dapat storage 128 GB.

c) Enak dipegang


Hp ini memiliki frame lengkung yang enak untuk dipegang daripada frame flat yang agak tajam rasanya kalau dipegang. Beratnya juga tidak terlalu berat di 192 g.

d) SIM Tray Triple Slot



SIM Tray Triple Slot memang menjadi kebahagiaan tersendiri untuk user hp entry level karena bisa memakai 2 kartu SIM sekaligus Micro SD hingga 1 TB.

e) Performa cukup untuk game ringan

sumber JagatReview



Meskipun ini adalah smartphone entry level, smartphone ini masih bisa bermain game terkenal seperti MLBB, PUBGM, dan Free Fire dengan cukup lancar berkat SoC Mediatek Helio G85. Namun, untuk game yang lebih berat seperti Genshin Impact, smartphone ini jangan terlalu dipaksakan. Jadi smartphone ini cocok bagi anda yang ingin membeli smartphone murah di bawah 2 juta yang bisa main game-game terkenal. seperti yang sudah saya sebutkan tadi.

2) Kekurangan Redmi 12C

a) Port Micro USB



Kekurangan paling fatal menurut saya, karena port ini sudah jadul dan mulai ditinggalkan. Anda jadi tidak bisa meminjam charger dari smartphone teman anda kalau anda lupa membawa charger.

b) Fingerprint belakang

Redmi 12C memiliki fingerprint namun di bagian belakang yang menurut saya agak jadul karena rata-rata sudah beralih ke fingerprint di tombol power untuk smartphone terjangkau.

c) Jangan pilih varian yang nanggung

Anda lupakan saja varian 3/32 GB langsung lirik saja varian 4/64 atau 4/128 GB karena itu pilihan yang lebih baik daripada anda berhemat tapi harus mengorbankan RAM/Storage kecuali kalau uang anda mepet dan hanya bisa beli yang 3/32 GB.

3) Alternatif atau Pesaing

Redmi 12C punya 2 pasar sekaligus yaitu pasar dibawah 1,5 juta dan pasar dibawah 2 juta. Saya harus bedakan kedua pasar ini untuk mencari alternatif yang cocok untuk Redmi 12C ini di Indonesia.

a) Pasar di bawah 1.5 juta

i) Samsung Galaxy A04e


Galaxy A04e punya desain yang lebih kalem dibandingkan Redmi 12C dengan bump kamera dan garis-garis di back covernya. One UI core nya juga mudah untuk digunakan bahkan untuk ortu sekalipun yang tidak butuh banyak fitur. Meskipun smartphone ini secara performa kalah dibandingkan Redmi 12C, smartphone ini tetap cocok untuk orang yang tidak bermain game mobile semacam MLBB, PUBGM, dan sebagainya. Untuk harga hanya Rp 1.2 juta anda mendapatkan varian 3/32 GB.

ii) Realme Narzo 50i Prime


Smartphone ini menurut saya murah banget karena anda bisa menjumpai smartphone ini hanya di Rp 1.1 juta untuk varian 3/32 GB dan 1.4 juta untuk varian 4/64 GB. Meskipun spesifikasi seadanya dan tidak menyertakan kepala charger, smartphone ini tetap rekomendasi karena harganya yang sudah super murah. Lagipula, charger 10W juga murah banget cuma sekitar 50 ribu.

b) Pasar di bawah 2 juta

i) Samsung Galaxy A04


Hampir sama dengan Galaxy A04e, namun jika anda menginginkan kamera dengan resolusi lebih tinggi, bisa mengincar Galaxy A04 dengan 50 MP nya karena di A04e hanya 13 MP. Paling tidak anda bisa mengurangi noise lebih banyak dan dengan pixel binning-nya. Varian 4/64 GB bisa anda jumpai di toko online sekitar 1.5 juta

ii) vivo Y16

sumber : Sobat hape

vivo Y16 ini adalah smartphone di bawah 2 juta dengan desain yang terlihat mahal dengan frame flat, finishing matte, dan sertifikasi IP53. Smartphone ini juga ringan di 184 g dengan baterai besar 5000 mAh. Agak minus di bagian kamera utama yang hanya 13 MP. Untuk harga varian 4/32 GB sekitar 1.5 juta dan varian 4/64 GB sekitar 1.7 juta di toko online.

4) Kesimpulan

Redmi 12C ini smartphone yang bagus untuk anda yang mencari performa main game yang rata-rata brand lain belum bisa tawarkan di harga di bawah 2 juta. Desain yang kurang kalem sebenarnya subyektif anda bisa saja suka dengan desain Redmi 12C. Kekurangan paling besar adalah Micro USB. tapi kalau anda tidak masalah dengan Micro USB dan hanya mencari performa saja, smartphone ini tetap rekomendasi di kelas harganya.

Tier : A

Post a Comment for "Redmi 12C : Kelebihan, Kekurangan, dan Alternatif"