Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Snapdragon 8 Gen 2 dirilis : lebih cepat, efisien, dengan Ray Tracing dan Wi-Fi 7

 


Qualcomm baru saja mengumumkan SoC flagship terbaru mereka, yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Chip secara formal dikenal sebagai SM8550-AB dan fabrikasi pada node 4 nm. Berikut detail tentang komponennya.

CPU dan GPU

Qualcomm fokus untuk meningkatkan efisiensi daya, tapi chip baru juga peningkatan kecepatan yang patut diapresiasi. Trio Kryo CPU baru menjanjikan 35% performa lebih tinggi dengan 40% efisiensi yang lebih tinggi.

Clock speed sama dengan 8+ Gen 1, tapi komposisinya tidak. Kryo Prime core tunggal ( berbasis Cortex-X3) berjalan di 3.2 GHz untuk menyajikan performa tinggi dalam single-threaded. Kali ini ditemani oleh 4 core Performance untuk lebih baik mengontrol workload multi-thread - core ini berjalan di 2.8 GHz. Terakhir, ada 3 core Efisiensi di 2.0 GHz.

Gen 2 membawa dukungan teknologi memori baru yang lebih cepat. Untuk RAM bekerja dengan LPDDR5X hingga 4,200 MHz. Untuk storage itu bisa memakai format baru UFS 4.0.

GPU Adreno terbaru menjanjikan 25% performa yang lebih tinggi dengan 45% efisiensi daya. Itu juga membawa dukungan untuk ray tracing akselerasi hardware untuk platform Snapdragon. Sekarang hardware ray tracing tersedia dari vendor chipset mayor untuk Android, kita mungkin melihat pengembang game mobile membawa teknologi baru seperti yang dilakukan di PC dan Console. CPU ini juga mendukung Vulkan 1.2 dan OpenGL 3.2.

Snapdragon 8 Gen 2 bisa berjalan di device dengan display QHD+ hingga 144Hz, dan 4K dengan 60 Hz. Itu mendukung display eksternal hingga 4K 60 Hz (hingga 10-bit color gamut 2020, HDR10+, dan Dolby Vision). Qualcomm juga memberikan video decoding AV1 dan stream hingga 8K 60fps.

Kamera

Qualcomm membanggakan sensor Sony dengan Digital Overlap HDR (DOL-HDR) dan 200 MP Samsung HP3 telah dioptimasi untuk bekerja dengan ISP Snapdragon. Seperti pendahulunya, Gen 2 membawa ISP triple 18-bit yang bisa menangani 3 kamera 36 MP (30fps) sekaligus atau single kamera 200 MP. 108 MP sensor didukung dengan lag nol shutter.

Untuk video, chipset bisa merekam footage 8K HDR di 30fps (dan foto 64 MP sekaligus), 4K di 120fps dan slow-motion juga (720p 960fps). Itu mendukung beberapa format HDR termasuk HDR10+, HLG, dan Dolby Vision. Menggunakan sensor DOL, itu bisa menangkap hingga empat eksposure untuk setiap frame dari video.

Konektivitas

Snapdragon 8 Gen 2 upgrade ke modem baru Snapdragon X70. Itu mendukung baik mmWave dan sub-6GHz 5G, tentu saja. Speed downlink puncak adalah 10Gbps, sementara uplink puncak adalah 3.5Gbps (sama dengan pendahulunya).

Modem ini mendukung operasi Dual-SIM, Dual Active (DSDA) dimana dua SIM 5G (atau 5G+4G) aktif di saat yang sama.

Konektivitas lokal membawa sebuah fitur yaitu standar Wi-Fi 7 yang akan datang (802.11be), berkat sistem baru FastConnect 7800. Itu memiliki puncak di 5.8Gbps (naik dari 3.6Gbps pada chip sebelumnya). Di samping kecepatan, standar baru juga menurunkan latency


.
Seperti sebelumnya, sistem FastConnect memiliki konektivitas Bluetooth 5.3. Dengan sistem suara terbaru Snapdragon itu bisa menyajikan streaming musik lossless 48kHz begitu juga dengan latency paling rendah untuk gaming yaitu 48ms.

Tidak terlalu banyak laporan untuk konektivitas berkabel - chip memiliki USB 3.1 dengan Quick Charge 5.

AI

Processor Hexagon baru memperkenalkan dukungan untuk format baru INT4 pertama kali pada chip mobile Qualcomm. Itu menjanjikan 60% performance per Watt yang lebih baik daripada teknik sebelumnya.

Hexagon juga lebih cepat pada umumnya juga - Qualcomm mengklaim kalau performa AI telah meningkat 4.35x. Power itu bisa membantu kamera dengan mengenali bagian mana dari gambar yang termasuk wajah, rambut, pakaian, dan background dan seterusnya serta melakukan pemrosesan yang berbeda terhadap mereka.

Segera datang

Snapdragon 8 Gen 2 akan diadopsi oleh kebanyakan brand Android, Qualcomm membuat list berikut di press release: Asus ROG, Honor, iQOO, Motorola, nubia, OnePlus, Oppo, Red Magic, Sharp, Sony, vivo, Xiaomi, Meizu, dan ZTE.

Dikatakan kalau hp pertama yang berbasis 8 Gen 2 akan tersedia di akhir tahun ini, tapi tidak dikatakan brand mana yang pertama. Tidak ada penyebutan Samsung dan S23 Series yang akan datang.


Post a Comment for "Snapdragon 8 Gen 2 dirilis : lebih cepat, efisien, dengan Ray Tracing dan Wi-Fi 7"