Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ringkasan Review realme 9i [Notebookcheck]

 


Berikut ringkasan review realme 9i dari Notebookcheck.

1) Desain dan Fitur




Light Blue
Black
realme 9i menggunakan back cover berbahan plastik yang dihiasi pola strip vertikal. Varian warnanya ada Light Blue dan Black.

NFC untuk pembayaran mobile tersedia di smartphone ini. 3.5mm jack dan Bluetooth 5.0 juga ada. Untuk ekspansi storage, smartphone ini menyediakan slot Micro SD.

Dimensi : 164.4 x 75.7 x 8.4 mm.
Berat : 190 g.

2) Software, Operasi dan Konektivitas

realme 9i menggunakan sistem operasi realme UI 2.0 berbasis Android 11. Untuk update, realme 9i sudah mendapatkan update realme UI 3.0 berbasis Android 12 pada bulan Mei lalu. 2 kali update Android seharusnya didapatkan oleh realme 9i.

realme 9i menggunakan konektivitas Wi-Fi 5 dan 4G LTE yang merupakan umum di harga 2 jutaannya.

Layar hp ini memakai refresh rate 90 Hz untuk operasi yang smooth. Fingerprint sensor terletak di bagian kanan frame smartphone ini.

3) Kamera

realme 9i memiliki kamera dengan resolusi 50 MP. Resolusi penuh hanya bisa digunakan dalam mode khusus, Untuk mode default, foto akan memiliki resolusi seperempatnya yaitu 12.5 MP dengan pixel binning untuk mendapatkan lebih banyak intensitas cahaya. Ketajaman gambar masih bagus meskipun dengan pembesaran itu.

Kamera hp ini terlihat kesulitan di kondisi low-light yang dibuktikan dengan sampel foto dari lab mereka.Video bisa direkam dengan resolusi 1080p 30fps yang dimana autofocus dan pengaturan kecerahan bekerja cukup cepat dan akurat. Digital zoomnya juga terlihat smooth.

Tidak ada kamera ultrawide, hanya ada kamera makro untuk obyek dekat dan kamera depth untuk membantu efek blur.

Contoh foto sample dari Notebookcheck




4) Display

Display realme 9i menggunakan panel IPS LCD beresolusi Full HD dengan refresh rate 90 Hz. Untuk tingkat kecerahan maksimum rata-rata di 500 nits. Refresh rate 90 Hz nya juga adaptif 5 step mulai dari 30 Hz tergantung konten yang dilihat.

Black level itu 0.6 nits yang tergolong biasa saja.

Berikut data pengujian display dari Notebookcheck.

Response Time Black to White : 18 ms (respon yang bagus tapi lamban untuk gamer kompetitif)
Response Time 50% Grey to 80% Grey : 34 ms (respon yang lamban)
PWM : Tidak ada
Color gamut coverage : 98,2% sRGB

5) Performa, Emisi, dan Daya Tahan Baterai

realme 9i menggunakan Snapdragon 680 yang fabrikasinya 6 nm. Performa SoC ini bisa dibilang cukup untuk penggunaan sehari-hari. 

Untuk jenis storage yang digunakan UFS 2.1 yang sudah cukup cepat untuk harga 2 jutaannya.

Untuk suhu tertinggi, realme 9i mencapai 40,9º C yang cukup aman meskipun dihajar benchmark oleh Notebookcheck selama 1 jam.

realme 9i memakai dual speaker; bagian earpiece digunakan sebagai speaker kedua. Sistem suara bisa keras namun tidak menunjukkan rating tinggi untuk clarity-nya. Setidaknya treble tidak terlalu ditekankan, sehingga tetap nyaman didengar walaupun dengan volume tinggi. Ini jadi lebih baik dengan adanya 3.5 mm audio jack atau Bluetooth. Banyak codec didukung, termasuk LDAC dan aptX HD.

realme 9i mempunyai kapasitas baterai 5000 mAh dan charging 33W. Charger yang cocok sudah dimasukkan ke paket penjualan dan hanya membutuhkan waktu diatas  sejam untuk mengisi penuh dari baterai habis. Dalam tes WLAN mereka, smartphone ini bisa meraih 17 jam 36 menit yang cukup baik untuk daya tahannya.

Beberapa data pengujian :











6) Kesimpulan, Harga, dan Alternatif

realme 9i ini cocok untuk anda yang mencari smartphone terjangkau namun dengan daya tahan baterai yang bagus, layar yang terang, dan performa yang ok dan tidak panas juga. Namun, ini tidak cocok untuk anda yang mencari smartphone dengan konektivitas 5G.

Untuk wilayah Indonesia, ada 2 varian dari realme 9i yaitu 4/64 GB dengan harga sekitar Rp 2,6 juta dan 6/128 GB dengan harga sekitar Rp 2,9 juta.

Beberapa alternatif realme 9i :
  • Redmi Note 11
  • vivo Y22
  • Infinix Note 12
  • Poco M4 Pro
  • Redmi 10 5G
  • Poco M5s / Redmi Note 10s





Post a Comment for "Ringkasan Review realme 9i [Notebookcheck]"