Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

realme 10 Review, Soal Prioritas [GadgetIn]

 


Berikut ringkasan review Realme 10 dari video GadgetIn.


1) Perkenalan

Realme 10 merupakan hp yang bagus dan recommended kalau anda tidak peduli bahkan tidak tahu bagian-bagian kecil yang membuatnya hp sempurna contohnya NFC, Gyroscope, Mesin Getar Enak, dan Stereo Speaker. Kalau anda tidak paham atau tidak butuh, berarti Realme 10 adalah hp yang sempurna. Kalau anda butuh, berarti Realme 10 bukan pilihan yang tepat.

Susah mencari hp 2 jutaan yang menang semua, dan Realme 10 memilih untuk fokus di bagian besar dan hemat di bagian detail seperti processor kencang, baterai awet, charging ngebut, kamera cakep, kualitas layar tinggi, dan desain yang tidak ngasal.

box realme 10

2) Harga

Harga 2 jutaan untuk Realme 10 adalah varian 4/128 GB di Rp 2,799 juta kalau mau RAM lebih besar untuk game berat dan jangka panjang di 8/128 GB harganya Rp 3,199 juta.

harga realme 10

3) Desain

Meskipun terbuat dari polikarbonat, desain hp ini dibuat seolah-seolah dia terbuat dari kaca. Tampangnya simple pake dua kamera yang bulatannya besar tanpa ada kandangnya. Desain yang lagi trend untuk tahun 2022.

desain realme 10


Untuk warnanya mirip dengan hp Realme yang lain, ada gradasi dari biru ke orange tapi hanya tipis-tipis saja. Ada juga detail titik-titik kecil kalau diperhatikan dari dekat. Ini untuk varian warna Clash White.

desain realme 10 2

detail desain realme 10

Kalau anda tidak suka warna yang soft, ada juga varian warna Rush Black yang kelihatan lebih garang.

varian rush black realme 10



Feel megangnya menurut bang David biasa saja. Bobotnya enteng hanya 178 g saja dan tangan tidak terasa nge-gym kalau megang hp ini. Hp ini sebenarnya tipis juga di bawah 8 mm tapi karena hp ini menggunakan frame flat/ desain kotak sudutnya jadi kaku dan feel di tangan jadi kurang ergonomis.
Desain ini enak di lihat namun kurang enak dipegang. Solusinya bisa pakai case bawaan dari Realme 10 di paket penjualan.

frame realme 10

4) Kelengkapan Port

Sisi Kanan : Tombol power + fingerprint sensor, Tombol Volume
Sisi Atas : Microphone
Sisi Kiri : SIM Tray Triple Slot
Sisi Bawah : Headphone jack, Microphone, Port USB C, Speaker Mono

sisi kanan realme 10

sisi atas realme 10

sisi kiri realme 10

sisi bawah realme 10


5) Speaker 

Meskipun speakernya Mono, menurut bang David suaranya oke dengan detail cukup, bassnya ada, dan volumenya rame. Bahkan sampai ada fitur kencengin volume sampai 200%.

volume 200% realme 10

6) Ketiadaan NFC

Realme 10 tidak mempunyai NFC bagi yang suka top up kartu e-money lewat hp. Solusinya bisa numpang temen yang bisa atau  mampir ke ATM, top up lewat Indomaret, dll.

tidak ada nfc realme 10

7) Mesin Getar

Mesin getar Realme 10 juga kurang bagus seperti hp 1 jutaan menurut bang David. Fitur ini kurang penting karena banyak orang memilih untuk matiin atau belum pernah ngerasain yang bagus.

8) Layar

Layar Realme 10 memiliki panel AMOLED dan refresh rate 90 Hz. Warnanya pekat dan keluar serta refresh rate 90 Hz membuat scroll jadi mulus. Hanya saja, di app seperti YouTube refresh ratenya nyangkut di 60 Hz.

sisi depan realme 10

display realme 10

refresh rate di youtube realme 10

Untuk brightnessnya, sudah terang maksimal di 1000 nits, dibawa ke luar ruangan juga layarnya masih bisa kelihatan. Kacanya juga sudah pakai Gorilla Glass 5 dan sebenarnya di paket penjualan sudah terpasang screen protector secara default.

brightness realme 10

9) Processor

Realme 10 memakai chipset yang trend di harga 2 jutaan yaitu Helio G99. Performanya memang kenceng untuk hp harga 2 jutaan seperti di benchmark AnTuTu 9 yang bisa sampe 380 ribu.

antutu 9 realme 10

10) Gaming Test

Mobile Legends, grafik Ultra dan refresh rate Tinggi sudah bisa rata 60 fps di Realme 10.

PUBG Mobile, settingan yang terbuka Smooth High sampai saat ini belum ada hp yang pake Helio G99 yang bisa Smooth Extreme serta tadi juga sudah disebutkan kalau hp ini tidak memiliki Gyroscope fisik.

Genshin Impact, rata-rata 46 fps dan selama main selalu di atas 40 fps naik turunnya 40-50 fps. Suhunya juga paling panas di sekitar kamera 41º C sementara bagian lain aman hanya di 34 - 38º C.

Ini memang pada dasarnya Helio G99 yang kenceng, frame rate stabil, dan suhunya tidak panas.

suhu genshin impact realme 10

11) Baterai dan Charging

Baterai Realme 10 berkapasitas 5000 mAh . Daya tahannya sebagai berikut.

TikTok 1 jam, 7%
MLBB 30 menit, 7%
PUBGM 30 menit, 8%
Genshin 30 menit, 10%

daya tahan baterai realme 10

Charger yang didapatkan adalah charger 33W SuperVOOC, dalam setengah jam bisa terisi 53% dan untuk penuh cuma butuh 71 menit.

12) Kamera

Realme 10 memiliki kamera utama 50 MP dan belum ada kamera ultrawide. Namun, masih wajar untuk harga 2 jutaan.

Kameranya bisa menangkap dynamic range yang bagus, langit yang terang dan bagian gelap bisa ditangkap, Warnanya saja yang agak over.

Untuk foto low-light juga bagus, masih kelihatan terang walaupun tidak terlalu tajam dan noisenya berasa. Untuk foto malam lebih bagus, wajib pakai fitur Night Mode.

foto cahaya terang realme 10

foto indoor realme 10

foto low light realme 10

foto selfie cahaya terang realme 10

foto selfie low light realme 10


Untuk hasil videonya, menurut saya sudah cukup bagus dynamic rangenya meskipun videonya tidak terlalu stabil. Untuk video malam hari, perlakuannya sama seperti foto noisenya berasa.

13) Kesimpulan

Realme 10 merupakan hp yang bagus untuk bagian pentingnya mulai dari processor sudah pake yang kenceng, layar yang bisa menampilkan gambar yang nyaman untuk mata, baterai awet, dan kamera oke.

Kalau kelemahan kecil seperti yang disebutkan tadi tidak menjadi masalah, ini tetap hp yang recomended.









Post a Comment for "realme 10 Review, Soal Prioritas [GadgetIn]"