Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Poco M5 , paling worth it untuk gaming [GadgetIn]

 


Ringkasan review Poco M5 dari video GadgetIn.


1) Perkenalan

Poco M5 adalah hp 2 jutaan yang punya value luar biasa apalagi kalau anda mencari hp yang lancar untuk gaming. Soalnya hp ini sudah memakai Mediatek Helio G99 yang kencang, stabil, dan tidak panas.
poco m5 kardus

Helio G99 sudah banyak dipakai di hp baru seperti Tecno Pova 4, Tecno Pova 4 Pro, realme 10, dan vivo V25e. Tapi, susah untuk menyaingi Poco M5 soal harga.

hp lain dengan helio g99

2) Harga

Skema harga Poco M5 lumayan unik karena harga offline dan onlinenya beda. Untuk harga online, lebih murah 100 ribu. Poco M5 saat ini memegang hp dengan Helio G99 termurah saat video tersebut dibuat.

poco m5 harga


3) Gaming 

Untuk Mobile Legends, fps bisa dijaga di 60fps dalam waktu lama dan settingan grafik yang tinggi.

Untuk Genshin Impact, fps bisa dijaga di atas 40fps di settingan Lowest malahan di Poco M5 hampir tembus 50fps. SoC yang kelasnya lebih tinggi seperti Dimensity 700 susah memberikan performa seperti ini.

fps genshin impact poco m5

Suhunya juga tidak panas, di bagian depan belakang hanya sampai 40 saja. Masih terpantau aman.

suhu kerja genshin impact poco m5

Yang menjadi dealbreaker adalah ketiadaan Gyroscope jadi kalau anda player PUBG Mobile yang mengandalkan goyangan hp supaya nembaknya lebih akurat, Poco M5 tidak rekomendasi.

4) NFC dan IR Blaster

Poco M5 mendukung NFC yang masih langka di harga 2 jutaannya. Tidak lupa juga, ada IR Blaster khas Xiaomi dan Poco yang bisa anda jadikan remote AC.

nfc poco m5

ir blaster

penggunaan ir blaster

5) Desain

desain belakang poco m5


Bar hitam di belakangnya sudah full mentok tidak tanggung seperti Poco M4 . Bar hitamnya terasa menyatu dengan bodynya mirip dengan Pixel 6 Pro. 

perbandingan dengan pixel 6 pro

Body hp ini terbuat dari polikarbonat semua tapi feelnya terasa lumayan mewah kalau disentuh. Bar hitamnya terlihat terbuat dari kaca. Tekstur bodynya juga dibuat ala-ala kulit yang bikin enak dipegang.

feel pegang poco m5


Varian warna ada Hijau, Kuning, dan Hitam. Warnanya meluber sampai ke frame yang terbuat dari polikarbonat juga karena menyatu.

varian warna poco m5

frame poco m5

6) Kelengkapan Port

Sisi kanan : Tombol power + fingerprint, Tombol Volume
Sisi atas : Headphone jack, IR Blaster
Sisi kiri : SIM Tray Triple Slot
Sisi bawah : Microphone, Port USB C, Speaker Mono

Speaker Mono yang menurut bang David bukan karakter Xiaomi karena biasanya hp 2 jutaan mereka sudah stereo speakernya. Suaranya juga biasa saja tidak jelek tapi seperti hp 1 atau 2 jutaan yang lain.

sisi atas frame poco m5

sisi kiri frame poco m5

sisi bawah frame poco m5

sisi kanan frame poco m5

7) Mesin Getar

Mesin getarnya juga bukan yang mantep seperti dulu ini biasa saja kalau menurut bang David. Semoga Xiaomi Poco tidak mewajarkan hal ini soalnya mereka biasanya jadi killer brand lain.

8) Iklan

Keberadaan iklan di hp mereka diwajarkan oleh bang David karena itu ganti rugi karena kita bisa mendapatkan mesin yang luar biasa.
iklan miui poco m5

9) Display

Untuk display ukurannya 6.58 inch, panel IPS, refresh rate 90 Hz, dan resolusi Full HD+. Spek yang bagus untuk layarnya.
display poco m5

Ada fitur Dynamic Switch yang bisa menyesuaikan refresh rate sesuai app yang sedang dipakai untuk menghemat baterai contohnya Instagram bisa sampai 90 Hz, nonton video turun ke 30, main game ke 60 atau 90. Cuma ada beberapa app seperti YouTube yang nyangkut di 60 Hz saat scroll.


refresh rate saat di instagram

refresh rate saat nonton video

refresh rate saat main game

refresh rate saat di youtube

Untuk kualitas layarnya sudah cukup bagus, warnanya pekat meskipun panelnya IPS. Kekurangannya ada di brightness yang kurang terang hanya 500 nits jadi bakal susah melihat layar hp ini saat outdoor.

display saat di bawah sinar matahari

10) Baterai dan Charging

Poco M5 memakai baterai besar di 5000 mAh dan daya tahannya juga bagus. Mobile Legends 30 menit 6%, PUBG Mobile 30 menit 7-8%, Genshin Impact 30 menit 10%.

daya tahan baterai poco m5


Kita juga mendapat charger 22.5W di paket penjualan meskipun hpnya hanya support 18W. Setengah jam bisa terisi 32%, 1 jam 63%, Penuh 2 jam 22 menit. Standar untuk 18W.

11) Kamera

Poco M5 mengandalkan sistem Triple Kamera 50 MP Kamera Utama, 2 MP Kamera Makro, dan 2 MP Kamera Depth. Untuk hasilnya lumayan bagus, warnanya natural tidak oversaturated dan detailmnya cukup. Pas foto low-light, hasilnya lumayan terang walaupun detailnya kurang tajam.

foto cahaya terang

foto low light

foto low light indoor

foto selfie cahaya terang

foto selfie indoor



Untuk videonya, sepertinya belum ada stabilizer yang menstabilkan goyangan saat merekam. Untuk video siang hari masih banyak detail namun kalau sudah malam hari akan ada banyak noise.

12) Kesimpulan

Poco M5 cocok untuk anda gamer yang tidak butuh Gyroscope karena mesinnya kencang, stabil, dan tidak panas. Desainnya beda dari hp lain, dan baterai awet. Hp ini punya kekurangan di mana di bagian layarnya yang kurang terang untuk aktivitas outdoor Matahari terik.





Post a Comment for "Poco M5 , paling worth it untuk gaming [GadgetIn]"