Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

iPhone 14 Series, Minim Peningkatan ?

 

iphone 14 series

Apple baru saja mengumumkan produk smartphone flagship premium mereka yaitu iPhone 14 Series yang terdiri dari iPhone 14 regular dan iPhone 14 Plus beserta iPhone 14 Pro Series yang terdiri dari iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Selain smartphone, Apple juga mengumumkan produk lainnya yaitu Apple Watch 8, Apple Watch Ultra, Apple Fitness+, dan AirPods Pro. Produk-produk ini saling berhubungan dalam satu ekosistem yang dimana iPhone sebagai pusatnya. Makanya kalau anda belum siap membangun ekosistem Apple untuk kebutuhan pekerjaan, lebih baik jangan membeli iPhone. Ada baiknya kalau anda membeli iPhone anda juga harus ada satu smartphone Android supaya lebih leluasa saja tidak melulu harus Apple produknya.

Oke, kembali ke topik. Mengenai iPhone 14 Series ada beberapa sih yang menarik namun jika dibandingkan dengan yang Pro Model ini minim peningkatannya seakan hanya Decoy Product supaya iPhone 14 Pro Series terlihat jauh lebih menarik.

Apa Yang Baru ?

1) Lini Smartphone nya

Untuk tahun ini, Apple menghilangkan seri mini dan menggantinya dengan seri Plus. Ini mungkin karena marketnya iPhone 13 mini kalah jauh dibandingkan seri iPhone 13 yang lain. Semoga saja keputusan Apple tidak salah untuk meniadakan seri mini ini.

2) Warna

Warna baru di seri iPhone 14 ada warna Purple yang jadi favorit saya dan andalannya Apple juga untuk tahun ini. Warna Red di iPhone 14 lebih cerah daripada yang di iPhone 13.

3) SoC

SoC yang dipakai di iPhone 14 ini adalah Apple A15 Bionic masih sama dengan generasi sebelumnya. Ini pertama kalinya Apple tidak menggunakan SoC yang sama untuk lini iPhone di tahun yang sama. 

Namun, SoC A15 Bionic yang di sini lebih mirip dengan yang ada di iPhone 13 Pro Series karena sama-sama menggunakan 5 core GPU. Apple mengklaim manajemen thermal lebih di improve lagi supaya lebih enak dipakai khususnya buat gaming.

4) Kamera

Untuk resolusi kamera masih sama dengan iPhone 13 semua kamera serba 12 MP. Yang membedakan adalah aperture yang dibesarkan. Untuk kamera utama dari f/1.6 menjadi f/1.5. Sedangkan kamera Selfie dari f/2.2 menjadi f/1.9. Aperture yang lebih besar membuat Apple bisa mengklaim kalau hasil foto low-light bisa 2 kali lebih baik dari iPhone 13. 

Oh,ya untuk Cinematic Mode yang awalnya hanya tersedia di iPhone 13 Pro dan resolusinya 1080p 30fps sekarang di iPhone 14 bisa mencapai 4K. Bagus di base modelnya juga dikasih Cinematic Mode.

5) Baterai

Apple mengklaim kalau iPhone 14 bisa mencapai 20 jam video playback untuk baterainya dan untuk iPhone 14 Plus bisa mencapai 26 jam video playback. Daya tahan baterai memang jadi fokus Apple untuk belakangan ini sejak seri iPhone 13 Pro yang baterainya bisa tahan seharian. Susah lho dengan SoC flagship untuk bisa daya tahan baterai yang lama karena biasanya SoC flagship dayanya lebih besar.

6) Fitur Baru

Ada beberapa fitur baru di antara lain yaitu Crash Detection dan Emenrgency SOS. Keduanya saling berhubungan. Untuk Emergency SOS anda bisa melakukan panggilan darurat menggunakan satelit jika tidak ada koneksi internet. Namun, jika konteksnya ada di Indonesia ini belum akan berguna karena kabarnya bulan November baru akan dimulai fitur ini dan dikhususkan untuk AS dan Kanada.

Untuk Crash Detection sih sesuai namanya bisa mendeteksi kecelakaan mobil, kemudian melakukan panggilan darurat dan mengabari kontak darurat anda.

Kira-kira itu yang baru di iPhone 14 untuk bagian lain seperti Display, Desain masih sama seperti iPhone 13. Karena lini smartphonenya tidak ada model mini dan diganti dengan Plus maka untuk ukuran layar di iPhone 14 adalah 6.1 inch dan di iPhone 14 Plus adalah 6.7 inch.

Displaynya belum ada ProMotion seperti yang di model Pro masih memakai 60 Hz.Agak miris ketika tahu bahwa iPhone 14 base model masih memakai layar yang sama dengan iPhone 13 base model.

Notch masih dipertahankan di iPhone 14 base model dan untuk desain kameranya juga masih saling menyilang untuk kamera utama dan ultrawide nya.

Harga ?

Untuk harga, saya pakai patokan di Apple Singapore soalnya harganya ketika masuk iBox juga akan mirip-mirip. Harganya saya kasih dibawah.

 1) iPhone 14

128 GB 1.299 SGD (Rp 13,8 juta)

256 GB 1.469 SGD (Rp 15,6 juta)

512 GB 1.799 SGD (Rp 19,1 juta)

2) iPhone 14 Plus

128 GB 1.499 SGD (Rp 15,6 juta)

256 GB 1.669 SGD (Rp 17,7 juta)

512 GB 1.999 SGD (Rp 21,1 juta)

Kira-kira itu sekilas tentang iPhone 14


Post a Comment for "iPhone 14 Series, Minim Peningkatan ?"