Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Preview Poco F4 GT, Hp Gaming Poco dengan Trigger Button !

 

Poco F4 GT Poster

Poco Indonesia kemungkinan tidak lama lagi akan mengumumkan produk seri F mereka,yaitu Poco F4 GT.Menurut spoiler yang diberikan Poco Indonesia di akun Instagram-nya @poco_id, kita di suruh menunggu di tanggal 30 Juni 2022 karena di tanggal tersebut mereka akan menjawab rasa penasaran kita selama ini.Kalau saya tebak kemungkinan yang diumumkan adalah Poco F4/F4 GT atau kalau bisa dua-duanya lebih bagus.

Nah,pada postingan kali ini kita akan sedikit mempreview dari Poco F4 GT yang sudah lebih dulu diluncurkan secara global.Hp ini menurut saya menarik karena dia punya soc Qualcomm paling kencang saat ini,yaitu Snapdragon 8 Gen 1 dengan harga yang murah.

Kalau saat perilisannya secara global, Poco F4 GT dibanderol dengan 499 euro atau sekitar 7,7 juta untuk varian 8/128 GB.Sedangkan varian yang lebih tinggi,yaitu 12/256 GB dibanderol dengan 599 euro atau sekitar 9,2 juta.Kalau hp ini benar-benar akan rilis di Indonesia, saya tebak harga untuk varian 8/128 GB maksimal Rp 7 juta dan varian 12/256 maksimal Rp 8,5 juta.

Update : Harga Poco F4 GT untuk varian 12/256 GB adalah Rp 9 juta.

Nah,dengan perkiraan harga segitu apa yang bisa anda dapat dari Poco F4 GT ini ? Berikut beberapa selling points yang ditawarkan Poco F4 GT.

1) Snapdragon 8 Gen 1

chipset poco f4 gt

Sudah saya singgung tadi kalau Poco F4 GT ini memakai Soc Qualcomm yang paling tinggi kelasnya yaitu Snapdragon 8 Gen 1.Mau main game apapun,sudah tidak perlu takut ngelag lagi.Semua game bisa dilibas dengan settingan tertinggi.

2) Sistem Pendingin

sistem pendingin poco f4 gt

Main game berat dengan SoC super kencang tentu bisa memberikan pengalaman yang kurang nyaman kalau tidak didukung dengan sistem pendingin yang baik pula.Performa boleh tinggi tapi kalau itu membuat hp jadi sangat panas tentu itu tidak bagus untuk mesin hpnya.Untuk di Poco F4 GT menggunakan LiquidCool Technology 3.0 dengan Dual Vapor Chamber.Jadi tidak perlu khawatir soal suhu yang bakal panas kalau dibuat main game berat.

3) RAM LPDDR5 dan Storage UFS 3.1 

ram dan storage poco f4 gt

RAM di Poco F4 GT bertipe LPDDR5 sedangkan storagenya bertipe UFS 3.1.Untuk tipe RAM dan Storagenya sudah setara hp flagship 10 jutaan.Jadi,akses aplikasi, multitasking, dan transfer data akan terasa sangat smooth di hp ini.

4) Antena Penangkap Sinyal

antena poco f4 gt

Poco F4 GT sudah dilengkapi antena khusus untuk menangkap sinyal dengan lebih baik terutama saat anda main game online yang mana kestabilan itu sangat penting.Untuk di hp ini,solusinya sudah disediakan untuk mengurangi ping tinggi saat gaming online yang mengganggu.

5) 120W HyperCharge dan 4700 mAh Baterai

baterai dan charging poco f4 gt

Kabarnya hp ini menggunakan 2 baterai dan memiliki 2 jalur charging pula.Dengan kapasitas baterai yang besar di 4700 mAh dan charging 120 W,hp ini bisa mencapai penuh hanya dalam 17 menit menurut Poco.Cocok untuk anda yang butuh pengisian cepat daya baterai hp.

6) Charging Pintar

charging pintar poco f4 gt

Hp ini sudah memiliki teknologi smart charging yang bisa mempelajari kebiasaan charging hp kita di malam hari.Jadi saat kita tidur,charging akan distop di 80% dan akan kembali penuh ketika anda bangun di pagi hari.Hal ini dilakukan untuk memperpanjang umur baterai.

7) Layar Elegan

layar poco f4 gt

Layar Poco F4 GT memiliki ukuran 6.67 inch, panel AMOLED, resolusi Full HD+,  dan refresh rate 120 Hz.Dari ini saja kita bisa menyimpulkan kalau layar Poco F4 GT ini bagus untuk gamer. Color gamut DCI-P3, warna 10-bit, rasio kontras 5 juta banding 1,dan lain-lain yang bisa anda lihat di gambar di atas seakan menambah kelas dari layar Poco F4 GT ini.

8) Refresh rate dan Touch Sampling Rate Tinggi

layar poco f4 gt

Refresh rate layar yang tinggi di 120 Hz yang bikin pengalaman scroll menu, sosmed jadi mulus banget dan Touch Sampling Rate 480 Hz bikin pengalaman main game yang butuh touch responsif seperti game rhythm jadi lebih nyaman.Karena touch sampling rate tinggi ini kemungkinan touch delay bisa diperkecil.

9) Optimasi untuk Low-Light

optimasi layar poco f4 gt


Layar Poco F4 GT juga sudah dioptimasi untuk kondisi low-light.Jadi, isu seperti image flickering bakal bisa diminimalisir di Poco F4 GT ini.

10) Quad Speaker

speaker poco f4 gt

Untuk bagian suara, Poco F4 GT mengandalkan quad speaker yang terdiri dari dual tweeters dan dual woofer yang memberikan kejelasan dalam detail suara.Cocok banget buat anda yang demen konten suara seperti film, lagu,main game,dll.

11) Desain 3 Microphone

microphone poco f4 gt

1 Microphone gaming telah ditambahkan ke bagian samping.Jadi,saat anda bermain game online yang rata2 landscape,anda masih punya mic backup untuk berkomunikasi dengan rekan tim anda.Tidak seperti kebanyakan hp yang mic nya itu masih 2.

12) Bahan Kaca Untuk Body Belakang

bahan body kaca poco f4 gt

Poco F4 GT menggunakan bahan kaca untuk body belakang-nya.Memang sudah seharusnya karena performa Snapdragon 8 Gen 1 bakal susah dijinakkan kalau pakai polikarbonat.Untuk framenya juga sudah memakai frame alumunium.Jadi,hp ini sudah terasa seperti hp flagship yang body-nya terbuat dari kaca.Oh,ya Poco F4 GT punya 3 varian warna yaitu Stealth Black, Cyber Yellow, dan Knight Silver.

13) Lampu RGB Gaming 

lampu rgb poco f4 gt

Di bagian frame kamera,terdapat lampu RGB yang bisa menyala kalau ada panggilan masuk,baterai di charge, dan game turbo mode. Oh,ya ada juga LED Flash yang lambangnya petir seakan menggambarkan kalau hp ini memang jago soal kecepatan.

14) Magnetic Pop-up Trigger


Poco F4 GT memiliki magnetic pop-up trigger yang mungkin bermanfaat untuk menambah shortcut saat main game.Selain untuk game,pop-up triggernya ini bisa digunakan juga sebagai shortcut seperti kamera, rekam video, rekam audio, rekam layar,dan lain-lain.Pop-up triggernya ini bisa disembunyikan dengan cara digeser kalau untuk kegiatan daily.

15) Mesin Getar Premium

mesin getar poco f4 gt


Poco juga mengklaim kalau di Poco F4 GT,mereka menggunakan X-Axis Motor terbesar di Android saat ini,yaitu  CyberEngine Super wideband X-axis linear motor sebagai mesin getar di hp ini.Jadi,tidak usah diragukan lagi kualitas mesin getar hp ini.

16) 64 MP Kamera Dengan Sony IMX686

kamera poco f4 gt

Setup kamera belakang Poco F4 GT menggunakan triple camera yaitu 64 MP Kamera Utama dengan sensor Sony IMX686,8 MP Kamera Ultra-wide,dan 2 MP kamera Makro.Sementara,kamera depannya menggunakan resolusi 20 MP.Untuk perekaman video kamera belakang bisa sampai 4K 60 fps dan kamera depan bisa sampai 1080p 60 fps.Tidak disebutkan apakah perekaman kamera ini punya EIS atau tidak yang penting untuk rekam video sambil jalan supaya getarannya bisa distabilkan.

Untuk sellling pointsnya kelihatannya hp ini memang cocok untuk anak remaja, gamer, dan lain-lain.Tapi,kalau anda lebih mementingkan daily use daripada performa kencang, hp ini kelihatannya kurang cocok karena dari desainnya saja sudah tampil garang dan dia punya lampu RGB juga.

Bagaimana untuk spesifikasi dari Poco F4 GT ini sendiri ? Untuk data spesifikasinya saya ambil dari GSMArena

Spesifikasi :

Chipset : Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 (4 nm)
Layar : 6.67 inch FHD+ AMOLED 120 Hz, HDR10+, 1 miliar warna
RAM/Storage : 8/128 GB, 12/256 GB
Kamera Belakang : 64 MP wide PDAF (main) + 8 MP ultra-wide 120⁰ + 2 MP depth 
Kamera Depan : 20 MP wide
Perekaman Video : 4K 60 fps dengan HDR (Belakang) , 1080p 60 fps dengan HDR (Depan)
Sistem Operasi : Android 12,MIUI 13
SIM Tray : Dual SIM
IP Rating : n/a
Pelindung : Corning Gorilla Glass Victus
Jaringan : 5G
WiFi : WiFi ax/WiFi 6
USB : USB Type C 2.0,OTG
3.5mm jack : n/a
Speaker : Stereo,quad speaker
NFC : Ya
IR Blaster : Ya
Bluetooth : Bluetooth 5.2
Fingerprint : Tombol Power
Baterai : 4700 mAh
Charging : 120W Fast charging, Power Delivery 3.0, Quick Charge 3+

Hal yang perlu diperhatikan :

Kalau secara spek,ada hal-hal yang perlu anda perhatikan antara lain :
  • Tidak ada slot Micro SD.
  • Layar AMOLED tapi fingerprint masih di tombol power,jelas ini kurang kekinian.
  • Desain yang kelihatan gaming banget, ini masalah selera saja tapi kalau saya kurang suka.

Hal Menarik Dari Hp ini :

  • Mesin getar premium
  • Lampu RGB, Pop-up Trigger perlengkapan yang sangat bagus untuk sebuah hp.
  • 3 Microphone untuk gaming,jadi kalau anda main game sambil landscape sekalipun,anda masih bisa berkomunikasi dengan rekan tim menggunakan mic yang ada di samping.
  • Layar elegan,bisa anda lihat di atas untuk detailnya
  • Charging 120 W yang bisa mengisi penuh hanya dalam 17 menit









Post a Comment for "Preview Poco F4 GT, Hp Gaming Poco dengan Trigger Button !"