Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Galaxy A73 5G,Alternatif Flagship Samsung



Kali ini kita akan membahas tentang Samsung Galaxy A73 5G, yang mana adalah smartphone Samsung Seri A tahun 2022 yang paling premium (kemungkinan).Dengan harganya yang mencapai 7 jutaan, menarik untuk mengetahui apa saja yang ditawarkan oleh Samsung.Ya,itu akan kita bahas dalam postingan kali ini.


Untuk referensi saya mengambil dari video GadgetIn soal Samsung Galaxy A73 5G.Kalau mau penjelasan detail,mungkin bisa ke sana saya hanya meringkas bagian yang menurut saya penting saja.

Rangkuman :

a) Target pasar

Menurut David, kalau Galaxy A73 ini ditargetkan untuk anda yang punya duit lebih.Orang yang sebenarnya sudah cocok dengan Galaxy A5 sekian tapi masih digoda lagi untuk menambah budgetnya demi Galaxy A73 yang diklaim sebagai hp Seri A Samsung terbaik saat ini.

b) Upgrade dari Galaxy A53

David sendiri juga bilang kalau dia paling merekomendasikan seri A5 sekian karena menurutnya Seri A5 itu udah paling value.




Namun,tahun ini ceritanya berbeda karena dengan menambah 1-1,5 juta dari Galaxy A53 anda akan mendapatkan upgrade yang sangat berasa terutama di bagian mesin yang sudah menggunakan Snapdragon 778G.Chipset yang jauh lebih enak daripada Exynos di Galaxy A53.Snapdragon 778G menang segala aspek mau dari performa, efisiensi,kamera,dll.

Dia sendiri juga bilang,kalau faktor chipset ini cukup membuat Galaxy A73 ini ada loncatan dari Galaxy A53.

c) Performa Snapdragon 778G

Untuk main MLBB,settingan yang terbuka bisa lebih tinggi bahkan di frame rate Ultra (120 Hz) yang kalau buat main itu udah pasti mulus banget.

Untuk PUBGM,settingan yang terbuka sudah sampai Smooth Extreme (60 fps) dengan performa super stabil dan hpnya gak panas.

Untuk main Genshin Impact,frame rate yang didapatkan rata-rata 40 fps di settingan Medium,Untuk Scene berat,bisa turun ke 30-an fps namun jarang sekali bisa drop di bawah 30 fps.

d) Suhu Kerja (Genshin Impact)




Di bagian layar, suhu paling panas di sekitar 39⁰ C sementara di bagian belakang,suhu paling panas di 35⁰ C.Suhu yang gak panas menurut David.

e) RAM dan Storage 




Kapasitas RAM dari Galaxy A73 adalah 8 GB yang bisa ditambah secara virtual menggunakan fitur RAM Plus hingga 8 GB jadinya 8+8 GB.




Memori Internalnya juga sudah besar di 256 GB.Hanya ada satu varian yaitu 8/256 GB.

f) Layar 



Ukuran layar Galaxy A73 adalah 6,7" yang menunjang kegiatan seperti nonton,main game,main sosmed,ngetik jadi lebih enak.

Panel layarnya adalah Super AMOLED resolusi Full HD+ dengan refresh rate 120 Hz.

Menurut David, justru faktor ukuran seperti ini yang membuat orang memilih Galaxy A7 daripada A5.Bagian chipset justru sering diabaikan oleh banyak konsumen.

g) Desain 

Desain Galaxy A73 dibikin sama dengan Seri A yang lainnya.Warnanya pastel-pastel yang tidak terlalu mencolok seperti trend warna jaman sekarang.Walaupun bodynya masih dari plastik,tapi feel megangnya tetap berasa mewah dengan tekstur halus dan agak licin.




Pilihan warnanya ada Awesome Mint, Awesome White,dan Awesome Gray.





Sisi Kanan ada tombol Power dan Volume.Sisi Atas ada SIM Tray Hybrid dan Microphone.Sisi Kiri kosong dan Sisi Bawah ada Microphone, Port USB Type C,dan Speaker.Tidak ada audio jack tapi kabar bagusnya,speaker Galaxy A73 ini sudah stereo dengan satu speaker di bagian bawah dan satu lagi di bagian earpiece atas layar.

h) Fitur 

Software Dolby Atmos disediakan untuk membuat suaranya lebih selain dari speakernya yang sudah stereo.NFC tentu saja sudah ada mengingat harganya 7 jutaan.



Galaxy A73 juga memiliki sertifikasi IP67 yang tahan debu dan aman kalau jatuh ke dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Menurut David,kekurangan Galaxy A73 ini adalah belum support Wireless Charging.Kalau ada,bisa menggocek orang kalau ini adalah flagship padahal sebenarnya bukan.

i) Isi Box



Isi box paket Galaxy A73 juga sudah berasa flagship.Kotaknya tipis yang berarti paket penjualan Galaxy A73 sudah tidak menyediakan charger.

j) Baterai dan Charging 

Kapasitas baterai Galaxy A73 adalah 5000 mAh yang mendukung fast charging 25 W.

Menurut David,dengan charger 65W dan kabel USB Type C to Type C baterainya terisi 45% dalam setengah jam dan untuk penuh butuh 1 jam 20 menit.

Ketahanan baterainya tergolong bagus.Untuk main Genshin di settingan Lowest,baterainya berkurang 9% dalam 30 menit.Untuk main TikTok 1 jam hanya berkurang 5%.

k) Kamera



Kamera Utama Galaxy A73 memiliki resolusi 108 MP dengan OIS.Lensa Utamanya ditemani oleh Kamera Ultra-wide 12 MP,Kamera Makro 5 MP,dan Kamera Portrait 5 MP.Untuk kamera depannya sendiri,32 MP.

l) Hasil Foto

Untuk memotret outdoor,kontrasnya pas detailnya dapet dan dynamic rangenya luas pula.Untuk indoor,juga sama bagusnya detailnya masih bisa dijaga,warnanya enak dilihat.

Untuk foto low-light,fotonya kelihatan lumayan terang dan tetap tajam.OIS nya benar-benar bermanfaat untuk membuat gambarnya lebih stabil.

j) Perekaman Video

Perekaman 4K 30 fps nya untuk outdoor sudah sangat stabil meskipun diajak jalan-jalan.Sementara indoornya videonya juga masih stabil dan warnanya masih enak dilihat.

Untuk kondisi low-light,videonya lumayan terang meskipun detailnya juga mulai menurun.

Perekaman video kamera depan bisa mencapai 4K 30 fps.Sebuah fitur yang bisa dibilang fitur flagship untuk perekaman kamera depannya.

k) Kesimpulan

Kesimpulan menurut David,hp ini worth it untuk dibeli jika punya budget lebih bahkan jika dibandingkan dengan Galaxy A53 dan A52s.

Galaxy A73 bisa digunakan sebagai alternatif hp flagship kalau anda tidak ingin membeli hp flagship yang harganya 15 jutaan.

Hp ini sudah cukup banget untuk memenuhi 80-90% kebutuhan atau bisa dibilang all-rounder.

Untuk harga resmi Samsung Galaxy A73 5G ini adalah Rp 7,799 juta untuk varian 8/256 GB yang menjadi satu-satunya varian hp ini.Mengingat fitur-fitur yang ditawarkan sudah berasa flagship,harga ini cocok banget lah cuman minusnya g ada charger bawaan.

Itu saja info Samsung Galaxy A73 5G.Kita ketemu lagi di postingan berikutnya

Post a Comment for "Samsung Galaxy A73 5G,Alternatif Flagship Samsung "