Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Galaxy A23, Hp Samsung 3 Jutaan Dengan OIS !

 

Bagi anda yang mempunyai budget 3 jutaan dan ingin mencari hp yang all-rounder,mungkin Samsung Galaxy A23 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda.Yang spesial dari Samsung Galaxy A23 ini adalah kamera utamanya yang sudah menggunakan OIS.OIS biasanya adalah fitur yang hanya bisa anda temukan di smartphone high-end karena fitur ini bisa membuat foto maupun perekaman video menjadi lebih stabil dan jarang ada noise.

Lalu apakah hanya itu saja yang menarik dari Samsung Galaxy A23 ini ? Bagaimana dengan aspek yang lain ? Menarik untuk disimak.


Saya mengambil referensi dari video review channel Kuliah Sore tentang Samsung Galaxy A23 ini.Berikut rangkuman hal-hal yang menurut saya penting.

Rangkuman

a) Tahun Sulit bagi Para Brand Hp

El,host dari channel Kuliah Sore mengatakan kalau tahun ini adalah tahun yang sulit bagi para brand hp karena kelangkaan bahan jadinya harga bahan pada naik dan berimbas pada kebingungan brand hp dalam menentukan harga smartphone yang mereka rilis.

Hal ini berlaku juga untuk Samsung Galaxy A23 ini.El merasa kalau harga dan spesifikasi yang diberikan kurang ok.Orang-orang yang mementingkan spek jelas akan memilih Redmi Note 11 Pro atau Infinix Zero 5G di harga 3 jutaan ini.

Namun,ada juga orang-orang yang lebih mementingkan user experience dan nama besar dari brand Samsung.Konsumen seperti itu banyak sekali dan tidak bisa dibantah.

b) Desain



Desain Galaxy A23 ini sudah mirip dengan Samsung Seri A yang ada di atasnya.Bedanya finishing di body-nya itu glossy.Bekas sidik jari juga lumayan bisa nempel.







Di atas,ada Microphone.Di kanan,ada Tombol Volume dan Tombol Power yang merangkap sebagai fingerprint scanner.Di sisi kiri,ada SIM Tray Triple Slot.Di bagian bawah,ada Speaker mono,Microphone,Port USB Type C,dan audio jack 3.5mm.

c) Layar



Layarnya menggunakan panel PLS LCD dengan ukuran 6.6" dan refresh rate 90 Hz.Resolusi layarnya Full HD+.Menurut Bang El,panel ini downgrade dari generasi sebelumnya,Galaxy A22 yang sudah memakai panel Super AMOLED.

Kualitas layar menurutnya tidak jomplang.Warna dari A23 ini tetap kuat dan enak untuk dilihat.Hanya saja warna hitamnya tentu tidak akan sepekat panel Super AMOLED.Tapi, untuk smartphone yang menggunakan panel PLS LCD kualitasnya ini tergolong bagus.


Resolusi Full HD+ nya membuat gambar jadi lebih tajam dan detail.Refresh rate 90 Hz nya juga membuat scrolling beranda dan sosmed jadi enak berasa mulus.Perlindungannya juga sudah memakai Corning Gorilla Glass 5 yang meminimalisir goresan ketika anda meletakkan smartphonenya di kantong celana atau permukaaan yang kasar ketika anda meletakkannya dalam posisi terbalik.

d) Performa



Untuk bagian performa,Galaxy A23 ini dibekali dengan chipset Snapdragon 680.Kapasitas RAM 6 GB dengan Storage 128 GB.

Untuk kegiatan harian,Snapdragon 680 ini udah cukup banget.Sedangkan untuk main game ringan seperti Mobile Legends sudah sangat cukup.Untuk PUBG Mobile juga enak walaupun settingannya tidak maksimal.

e) User Experience




Untuk anda yang mementingkan user experience,Smartphone Samsung memang tidak pernah salah.One UI 4.1 nya ringan dan memiliki tampilan yang simple.One UI memang menjadi UI favorit kebanyakan orang.

f) Baterai dan Charging

Baterai Galaxy A23 memiliki kapasitas 5000 mAh yang sudah cukup oke untuk kegiatan sehari-hari.Kapasitas yang besar untuk standar smartphone jaman sekarang.




Smartphone ini sudah support Fast Charging hingga 25 W namun sayang kepala charger yang diberikan di paket penjualan hanya 15 W.Jadi,kalau anda ingin menikmati charging 25W nya,anda bisa membeli kepala charger secara terpisah.

g) Fitur




Galaxy A23 sudah mendukung NFC.Ada juga fitur Dolby Atmos yang bisa dipakai ketika menggunakan earphone.

h) Kamera



Galaxy A23 dibekali dengan setup quad camera di bagian belakang yang punya resolusi 50 MP untuk kamera utama,5 MP ultra-wide,2 MP makro,dan 2 MP depth.Untuk kamera utamanya ada OIS,sebua fitur langka di kelas harga segini.




Untuk kamera selfie di bagian depan,punya resolusi 8 MP

i) Hasil Foto

Untuk foto dalam kondisi terang,hasilnya cukup bagus dengan dynamic range yang tinggi sehingga bisa menghasilkan gambar yang enak dilihat.Warnanya tidak over-saturated dan detail juga dapet.

Untuk foto kondisi low-light,detailnya menurun dan Focus agak susah untuk didapat.

j) Perekaman Video

Untuk perekaman videonya tidak ada EIS meskipun sudah ada OIS.Tentu saja hasilnya tidak akan sestabil smartphone yang punya fitur EIS untuk menstabilkan goncangan ketika dibawa jalan.

Perekaman videonya mentok di 1080p 30fps.

Kalau di video perekaman channel Kuliah Sore.Saya bisa nilai kalau perekaman video Galaxy A23 cuma oke di kamera utamanya saja.Kamera Ultra-wide warnanya serasa over-saturated dan Kamera Selfienya dynamic range-nya kurang.

k) Kesimpulan

Menurut Bang El,kalau Samsung Galaxy A23 ini bukan pilihan terbaik untuk smartphone harga segini.Bahkan dia bilang kalau Galaxy A22 dan A32 punya kualitas yang lebih baik dan tentunya harganya yang sudah turun.

Namun,kalau anda ingin smartphone Samsung terbaru di harga segini, Samsung Galaxy A23 bisa jadi pilihan yang pas untuk anda.

Untuk spesifikasi Samsung Galaxy A23 secara detail bisa anda lihat di bawah ini







Harga resmi untuk Samsung Galaxy A23 ini adalah Rp 3,499 juta untuk satu-satunya varian 6/128 GB.




Post a Comment for "Samsung Galaxy A23, Hp Samsung 3 Jutaan Dengan OIS !"