Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

realme 9 Pro, Hp 5G Murah dan Kencang

 


Jika anda mencari hp 5g untuk 2-3 tahun kedepan dan budget anda 3-4 juta,anda bisa melirik satu hp dari brand realme yaitu realme 9 Pro.Tidak hanya sekedar mendukung 5G,hp ini juga cukup kenceng dengan chipset Snapdragon 695 miliknya.hp ini juga menjadi hp dengan Snapdragon 695 paling murah yang rilis resmi di Indonesia.

Untuk artikel ini saya rangkum dari video review realme 9 Pro dari GadgetIn.Silahkan nonton di bawah untuk full review.


1) Harga 

Harga resmi realme 9 Pro untuk varian 6/128 GB adalah Rp 3,799 juta.Untuk varian 8/128 GB dijual di Rp 3,999 juta.Menurut bang David,kalau selisihnya tipis begitu mending nambah 200k untuk ekstra RAM 2 GB kecuali anda bisa mendapatkan 6/128 GB di Rp 3,399 juta melalui Flash Sale.

Menurutnya dengan selisih harga 1 jutaan,realme 9 Pro cocok untuk alternatif untuk yang suka dengan realme 9 Pro+ tapi budgetnya tidak sampai 5 juta.

2) Desain




Untuk desainnya mirip banget sama realme 9 Pro Plus.Hp nya kelihatan lebih mahal dari aslinya.
Apalagi ciri khas realme 9 Pro plus masih bisa anda temukan di sini yaitu Light Shift Design yang bisa merubah warna hp dari biru menjadi agak kemerah-merahan kalau kita paparkan sinar UV seperi sinar matahari.

Untuk fitur Light Shift Design,hanya akan muncul di varian warna Sunrise Blue.Kalau anda tidak suka dengan warna yang bisa berubah-ubah,ada lagi satu varian warna yaitu Aurora Green.




Perbedaan desain dengan realme 9 Pro Plus adalah di bagian kamera ada tulisan "64 MP Camera".Bobot hp ini lebih berat di 198 g daripada Pro Plus yang hanya 182 g.Untuk dimensinya,hp ini juga lebih tebel.

3) Kelengkapan Port







Di sebelah kanan,ada Tombol Power yang merangkap sebagai sensor sidik jari.Di atas,ada Mikrofon,Di kiri ada SIM Tray Hybrid yang bisa menyimpan Dual Nano SIM/Single SIM + Micro SD.Di bawah,ada headphone jack, Mikrofon,Port USB Type C,dan Speaker yang masih mono.

Mesin getar di hp ini juga masih biasa saja.Untuk NFC,hp ini sudah ada.

4) Layar



Layar realme 9 Pro ukurannya 6.6" resolusi Full HD+ panel IPS dan refresh rate 120 Hz.Ada 6 level kecepatan dari layarnya yaitu 30,48,50,60,90,dan yang paling kenceng 120 Hz.Kalau lagi diem aja layarnya bakal jalan di 30 Hz.Kalau lagi scroll-scroll,layarnya bakal jalan di 120 Hz.

5) Chipset dan Performa



Chipset yang dipakai di hp ini adalah Snapdragon 695 5G.Skor AnTuTu 9 nya kurang lebih 400 ribu.

Untuk main MLBB,hp ini bisa jalanin di frame rate High dan Grafik Ultra dan frame ratenya konstan di 60 fps.

Untuk main PUBGM,hp ini kebuka settingannya di Smooth Ultra (40 fps) padahal seharusnya menurut bang David bisa jalanin di Extreme (60 fps).




Untuk main Genshin Impact di settingan Medium,hp ini bisa berjalan di rata-rata 36 fps dengan kisaran 28-40 fps dengan stutter yang minim.Performanya menurut bang David mirip dengan realme 9 Pro plus yang pakai chipset yang kelasnya lebih tinggi bahkan hasil benchmarknya lebih bagus.

Yang agak disayangkan,ketika bang David sudah ganti ke Game Mode tidak ada perbedaan signifikan hanya bertambah 1 fps saja.

6) Baterai dan Charging

Baterai realme 9 Pro kapasitasnya 5000 mAh yang mendukung 33W SuperDart.Untuk daya tahan baterainya tergolong awet.Mlbb 30 menit kurang 6%,PUBGM 30 menit kurang 8%,dan Genshin di settingan Medium kurang 11%.




Untuk kecepatan charging dari 33W SuperDart-nya,dia bisa mengisi 50% dalam 30 menit dan kalau mau penuh butuh waktu 1 jam 17 menit.

7) Kamera



realme 9 Pro mempunyai sistem Triple Camera,yaitu 64 MP Kamera Utama,8 MP Kamera Ultra-wide,2 MP Kamera Makro.Untuk kamera Selfienya sendiri resolusinya 16 MP.

8) Hasil Foto

Hasil foto di kondisi terang lumayan bagus warnanya enak dilihat.Masalah over sharpen di kamera realme juga tidak terlalu berasa di realme 9 Pro.


Tapi kalau bicara soal Dynamic range,bagian gelap terangnya susah seimbang.Untuk foto indoor,detailnya masih bisa dijaga dengan baik walaupun warnanya agak pudar.

Untuk foto low-light,hasilnya agak gelap harus pakai Nightscape kalau mau fotonya terang,Tapi,mode Nightscapenya ini terlalu memaksa untuk menerangi fotonya,detailnya kurang dan fotonya agak mudah goyang selama proses memotret jadi tangan harus dijaga kalau ingin hasil maksimal.

9) Hasil Perekaman Video

Perekaman video mentok di 1080p 30fps di semua kamera.Kameranya juga belum ada EIS jadi perekamannya kurang stabil.Untuk kualitas mikrofonnya sudah cukup bagus.

10) Kesimpulan

realme 9 Pro ini menurut bang David cocok banget untuk anda yang ingin hp kenceng dan murah.Soalnya dari speed layar sudah 120 Hz, chipsetnya kenceng buat main game,speed chargenya cepet juga.Baterainya juga termasuk awet untuk main game.

Namun,jika anda ingin hp yang lebih all-rounder seperti layar, kualitas audio,dan hasil foto yang bagus maka realme 9 Pro belum bisa memenuhi kebutuhan anda.

Untuk spesifikasi secara detail dari realme 9 Pro silahkan bisa lihat di bawah ini 


Mungkin itu saja info soal realme 9 Pro.Semoga bisa bermanfaat dan kita ketemu di postingan berikutnya. 

Post a Comment for "realme 9 Pro, Hp 5G Murah dan Kencang"