Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

realme 9 Pro Plus, Hp 4-5 Juta Kamera Terbaik

 


Realme 9 Pro Plus,merupakan salah satu hp yang bisa anda pilih untuk budget 4-5 juta jika anda mengincar kamera hp yang bagus.Kenapa begitu ? Karena kamera utama hp ini sudah dibekali dengan OIS yang bisa menstabilkan goyangan saat kita memotret kan tangan kita kalau foto bisa aja goyang tangannya yang menyebabkan hasil foto menjadi blur.Dengan adanya OIS,goyangan tersebut bisa distabilkan sehingga hasil foto akan tetap bagus.

Apakah hanya hasil foto ? Tentu tidak. Hp ini dibekali dengan chipset Dimensity 920 yang bisa anda ajak untuk main game berat sekalipun.Lalu apakah hanya itu yang ditawarkan oleh hp ini ? Mari kita simak dari video review GadgetIn tentang realme 9 Pro Plus.


1) Harga dan Kualitas 

Harga dari realme 9 Pro Plus adalah sekitar 5 jutaan.Bang David bilang kalau kualitas hp ini menang banyak dari hp mid-range lain dengan harga 4-5 jutaan setelah dia mencobanya selama seminggu.Namun,tentu saja kualitasnya tidak bisa dibandingkan dengan hp flagship 10 juta ke atas.

2) Desain




Hp nya enak ditangan.Feel megangnya terasa solid.Body-nya juga tipis bahkan diantara realme seri angka sebelumnya yang di atas 8 mm.Kalau realme 9 Pro Plus ini 7.99 mm.Bobotnya juga enteng di 182 g saja.





realme 9 Pro Plus memiliki 2 varian warna yaitu Sunrise Blue dan Aurora Green. Keduanya punya efek pantulan cahaya yang vertikal.Namun,bedanya di varian warna Sunrise Blue dia punya fitur namanya Light Shift Design yang membuat warna birunya berubah menjadi kemerah-merahan kalau dipantulkan sinar UV seperti sinar matahari.Kalau sudah tidak terpantul sinar UV,warna hpnya akan kembali ke warna biru.

3) Kelengkapan Port






Di sisi kanan hp ini ada Tombol Power.Di atas ada Mikrofon.Di kiri ada SIM Tray Dual SIM dan Tombol Volume.Di bawah ada headphone jack,Mikrofon, Port USB Type C,dan Speaker.Untuk speakernya sudah stereo yang dipasangkan dengan Earpiece yang sekaligus berfungsi sebagai Speaker.

Kualitas mesin getar juga sudah enak berasa hp mahal.

4) Layar


Layar realme 9 Pro Plus ukurannya 6.43 inch panel Super AMOLED resolusi Full HD+ dengan refresh rate 90 Hz.Refresh ratenya sendiri adaptif dan support Touch Sampling Rate hingga 360 Hz.Brightness nya sendiri 1000 nits.

In-display Fingerprint nya juga menawarkan fitur Heart Rate Monitor yang bisa mengukur detak jantung kita.Fitur yang keren tapi mungkin akan jarang dipakai orang.

5) Sistem Operasi

Sistem operasi realme 9 Pro Plus ini sudah menggunakan Android 12 yang sudah dicustom dengan realme UI 3.

6) Chipset dan Performa


Chipset realme 9 Pro Plus menggunakan MediaTek Dimensity 920 yang tentu saja sudah support jaringan 5G.Untuk skor AnTuTu 9 nya ada di sekitar 500 ribuan.

Untuk main MLBB di setting Ultra bisa dpt 60 fps.Untuk main PUBGM di Smooth Extreme bisa rata di 59-60 fps sedangkan untuk Genshin Impact di Medium dengan Balanced Mode bisa dapat rata-rata 37 fps dengan kisaran 28-40 fps dengan ada stutter yang cukup sering.


Bang David menyarankan untuk menggunakan Game Mode supaya frame rate bisa naik ke rata-rata 40 fps.Fps nya bahkan kadang bisa nyentuh 50 fps dengan stutter yang lebih jarang.Suhunya juga masih enak untuk dipegang.

7) RAM dan Storage

realme 9 Pro Plus menggunakan RAM 8 GB dan Storage 128/256 GB.Untuk yang storage 128 GB harganya 5 juta sedangkan 256 GB harganya 5,5 juta.

8) Baterai dan Charging



Hp ini menggunakan baterai berkapasitas 4500 mAh yang mendukung 60W Super Dart.Untuk 20 menit pertama,bisa mengisi 50% sedangkan kalau mau penuh butuh 52 menit.

Untuk daya tahannya tergolong standar untuk baterai 4500 mAh yaitu 8% untuk MLBB 30 menit, 10% PUBGM,dan 14% Genshin Impact.

9) Kamera




Kamera merupakan bagian yang diunggulkan realme di realme 9 Pro Plus yang sampai diklaim flagship di mid-range.Karena sensor kamera hp ini menggunakan Sony IMX766 yang bisa ditemui di hp flagship seperti realme GT 2 Pro, Vivo X70 Pro,dan Xiaomi 12.

Tidak hanya sensor,kamera hp ini juga dibekali dengan OIS.OIS ini bisa memberikan nilai lebih ketika perekaman video dan foto di kondisi low-light.

OIS ini menjadi nilai plus karena di hp mid-range masih jarang yang memakai OIS.Kebanyakan OIS cuma ada di flagship.

Kamera realme 9 Pro Plus ada 3 di belakang yaitu Kamera Utama 50 MP,Kamera Ultra-wide 8 MP,dan Kamera Makro 2 MP.Kamera depannya 16 MP.

10) Hasil Foto

Hasil fotonya bagus untuk hp mid-range tapi tentu belum bisa bersaing dengan flagship.Di kondisi dengan cahaya yang cukup,hp ini bisa menangkap dynamic range dengan baik.Efek sharpening bikin foto jadi lebih tajam.Kontrasnya lumayan kuat yang membuat warnanya jadi lebih pekat jadi terkesan berlebihan warnanya.

Untuk hasil foto low-lightnya,baru bisa diacungi jempol untuk realme karena dengan bantuan OIS bisa memotret suasana dengan jelas,tajam,noisenya sedikit,detailnya tetap kelihatan.Tapi itu untuk kamera utamanya kalau kamera ultra-wide langsung jeblok detailnya tidak ada sama sekali.

11) Hasil Perekaman Video

Perekaman 1080p 30 fps di kondisi terang bisa menangkap dynamic range dengan baik,dan stabil ketika dibawa jalan.Sedangkan perekaman 4K 30 fps-nya warnanya jadi agak pekat dan videonya jadi kurang stabil.

Untuk perekaman low-lightnya,ini termasuk bagus karena masih terlihat cukup terang,videonya stabil dan tidak terlihat ada efek jitter-jitter dari stabilizer.

12) Kesimpulan

Menurut bang David,untuk harga 5 jutaan ini recommended banget untuk dibeli karena realme sudah memberikan kita paket lengkap seperti desainnya cakep,layarnya cakep,performa siap buat main game,baterai lumayan,dan kamera yang perekaman low-lightnya di atas rata-rata.

Kelemahan klasik realme yaitu Speaker Mono juga sudah ditambal di realme 9 Pro Plus dengan Speaker Stereo-nya.

Kalau anda butuh spesifikasi detail dari realme 9 Pro Plus ini bisa lihat di link bawah ini

Itu saja info soal realme 9 Pro Plus.Semoga bermanfaat dan kita ketemu di postingan selanjutnya.

Post a Comment for "realme 9 Pro Plus, Hp 4-5 Juta Kamera Terbaik"