Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat GUI dengan Java Swing Part 4 (JTextField)



Lanjut lagi part ke 4 yaitu tentang JTextField.JTextField merupakan tempat di mana kita bisa menuliskan/menyimpan karakter namun hanya satu baris.



Contoh kode dalam membuatnya :

package mainclass;
import javax.swing.*;
class Contoh{ 
public static void main (String[]args){
   JFrame frame = new JFrame();
   JTextField tf1 = new JTextField("Selamat Malam");//membuat jtextfield langsung dengan tulisannya
   JTextField tf2 = new JTextField("Konbanwa");
   frame.setSize(300, 400);
   frame.setLayout(null);
   tf1.setBounds(150,100, 100, 30);
   tf2.setBounds(150,150, 100, 30);
   frame.setTitle("Contoh GUI");
   frame.setVisible(true);
   frame.add(tf1); frame.add(tf2);//menambahkan jtextfield ke jframe
   frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}

Kode tersebut akan menghasilkan output gui dengan JTextField seperti ini 


Konstruktor dalam membuat obyek JTextField :


Konstruktor Deskripsi
JTextField() membuat jtextfield kosong
JTextField(String s) membuat jtextfield langsung dengan teksnya
JTextField(int kolom) membuat jtextfield dengan jumlah kolom yang ditentukan
JTextField(String s,int kolom) membuat jtextfield dengan teks dan jumlah kolom yang ditentukan

Penggunaan Action Listener Pada JTextField :

Misalnya kita akan membuat aplikasi penjumlahan dan pengurangan sederhana menggunakan button dan textfield.Akan ada 3 textfield (bil pertama,kedua dan hasil) dan 2 button (penjumlahan dan pengurangan)

package mainclass;
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
class Contoh implements ActionListener{
    JFrame frame;
    JTextField tf1,tf2,tf3;
    JButton b1,b2;
    Contoh(){
         frame = new JFrame();
         tf1 = new JTextField("Bil 1");
         tf2 = new JTextField("Bil 2");
         tf3 = new JTextField();
         b1 = new JButton("+");
         b2 = new JButton("-");
         frame.setSize(300, 400);
   frame.setLayout(null);
   tf1.setBounds(150,100, 100, 30);
   tf2.setBounds(150,150, 100, 30);
   tf3.setBounds(150,200, 100, 30);
   tf3.setEditable(false);//supaya hasil tidak bisa diedit
   b1.setBounds(150,250,50,20);
   b2.setBounds(220,250,50,20);
   b1.addActionListener(this);
   b2.addActionListener(this);
   frame.setTitle("Contoh GUI");
   frame.setVisible(true);
   frame.add(tf1); frame.add(tf2); frame.add(tf3);
   frame.add(b1); frame.add(b2);
   frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }
    
 
 
public static void main (String[]args) {
  Contoh c1 = new Contoh();
  
}
    
 public void actionPerformed(ActionEvent e){
   String bil1 = tf1.getText();//mendapatkan teks bilangan pertama
   String bil2 = tf2.getText();//mendapatkan teks bilangan kedua
   int a = Integer.parseInt(bil1);//convert ke integer
   int b = Integer.parseInt(bil2); 
   int c = 0;
   if(e.getSource() == b1){//jika tombol + yang diklik
       c = a+b;
   }else if(e.getSource() == b2){//jika tombol - yang diklik
       c = a-b;
   }
   String hasil = String.valueOf(c);//convert kembali ke string
   tf3.setText(hasil);tampilkan ke textfield ketiga
 }
}
Cukup panjang yah kodenya.Hasil yang akan kita dapat adalah sebagai berikut



Mungkin itu saja postingannya ya semoga bisa bermanfaat amiin...


Post a Comment for "Membuat GUI dengan Java Swing Part 4 (JTextField)"