Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat GUI dengan Java Swing Part 5 (JTextArea)




Lanjut kita ke part 5.Mungkin untuk postingan selanjutnya tidak mengenai java swing dulu tapi postingan yang lain.Tapi,insya allah kapan-kapan kita lanjutin ini java swing.Ok,kali ini kita akan membahas tentang JTextArea.JTextArea mempunyai fungsi yang sama dengan JTextField hanya saja JTextField hanya bisa menginput data untuk satu baris saja sedangkan kalau JTextArea bisa menginput data lebih dari satu baris (kaya catatan)



Contoh kode untuk membuat JTextArea

package mainclass;
import javax.swing.*;
class Contoh {
    
 
public static void main (String[]args) {
  JFrame frame = new JFrame();
   JTextArea ta = new JTextArea("Selamat datang di AoiDroid");
   frame.setSize(300, 400);
   frame.setLayout(null);
   ta.setBounds(10,30,200,200);
   frame.setTitle("Contoh GUI");
   frame.setVisible(true);
   frame.add(ta);
   frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
    
 
}
Harusnya kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut



Konstruktor Yang Bisa Anda Pakai

Untuk membuat obyek JTextArea anda bisa memakai konstruktor-konstruktor sebagai berikut



Konstruktor Deskripsi
JTextArea() membuat jtextarea tanpa teks awal
JTextArea(String s) membuat jtextarea dengan teks awal
JTextArea(int baris,int kolom) membuat jtextarea dengan jumlah dan baris kolom yang ditentukan
JTextArea(String s,int baris,int kolom) membuat jtextarea dengan teks,jumlah kolom dan baris yang ditentukan

Penggunaan JTextArea dengan Action Listener

Misalnya saya akan membuat program penghitung kata di sini.Jadi,kira-kira kita akan membutuhkan 4 Label, 1 Button dan 1 TextArea

Contoh kodenya untuk aplikasi penghitung kata

package mainclass;
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
class Contoh implements ActionListener{
    JFrame frame;
    JTextArea ta;
    JButton b1;
    JLabel l1,l2,l3,l4;
    Contoh(){
         frame = new JFrame();
         ta = new JTextArea("Masukkan kata di sini");
         b1 = new JButton("Hitung kata");
         l1 = new JLabel("Karakter :");
         l2 = new JLabel("0");
         l3 = new JLabel("Kata :");
         l4 = new JLabel("0");
         frame.setSize(300, 450);
   frame.setLayout(null);
   ta.setBounds(20,30,250,250);
   b1.setBounds(50,350,100,40);
   l1.setBounds(20,320,75,20);
   l2.setBounds(100,320,30,20);
   l3.setBounds(145,320,40,20);
   l4.setBounds(190,320,40,20);
   b1.addActionListener(this);
   frame.setTitle("Menghitung Kata");
   frame.setVisible(true);
   frame.add(ta); frame.add(b1);
   frame.add(l1); frame.add(l2);
   frame.add(l3); frame.add(l4);
   frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
    }
    
 
 
public static void main (String[]args) {
  Contoh c1 = new Contoh();
  
}
    
 public void actionPerformed(ActionEvent e){
   String karakter = ta.getText();
   String kata[] = karakter.split("\\s");\\mensplit berdasarkan spasi
   l2.setText(String.valueOf(karakter.length()));\\tampilkan jml karakter
   l4.setText(String.valueOf(kata.length));\\tampilkan jml kata
 }
}
Harusnya kita akan mendapatkan output seperti ini untuk aplikasi penghitung kata sederhana yang kita buat





Post a Comment for "Membuat GUI dengan Java Swing Part 5 (JTextArea)"