Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Algoritma Pencarian Data Secara Linear


Di dunia nyata, terkadang kita harus menemukan data tertentu dari sekumpulan data misalnya saat mencari terjemahan kata di dalam kamus,mencari kendaraan kita di dalam parkiran,Mencari tempat duduk di pesawat dll

Pencarian akan mudah jika jumlah datanya sedikit tapi bagaimana kalau jumlah datanya banyak misalnya ratusan,ribuan ? Pasti akan susah bukan ? Kalau dalam bahasa pemrograman sendiri kita bisa mencari data yang kita inginkan dengan mudah menggunakan algoritma pencarian.

Dengan menggunakan algoritma,kita bisa tahu apakah ada data yang kita inginkan atau tidak dengan cepat.Salah satu algoritma yang paling sederhana untuk mencari data adalah pencarian secara linear

Pencarian Linear adalah Pencarian dengan mencocokkan target dengan elemen yang ada di dalam collection tertentu satu per satu.Supaya nggak bingung begini algoritma nya :


  • Lintasi koleksinya,supaya gampang pake array saja koleksinya
  • Cocokkan kunci(targetnya) dengan elemen array
  • Jika elemen kuncinya ditemukan,kembalikan indeks elemen kunci tersebut
  • Jika tidak di temukan,kembalikan -1
Contoh kode dan outputnya di java :



Bagaimana kalau elemen yang kita cari itu muncul lebih dari 1 kali ? Hasilnya sama saja karena indeks yang akan dikembalikan adalah indeks yang terkecil (indeks saat elemen tersebut pertama kali ditemukan) dalam kasus 41 di array di atas adalah elemen ke-4 (indeks 3)

Contoh kode dan output di Python :






Post a Comment for "Algoritma Pencarian Data Secara Linear"