Apa itu Bilangan Biner ?



Mungkin di dunia nyata kita selalu berhubungan dengan angka desimal yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9.Namun,pernahkah anda menjumpai angka-angka seperti di bawah ini ?

ilustrasi bilangan biner


Di gambar di atas hanya ada 2 angka yaitu 0 dan 1 berbeda dengan bilangan desimal yang menggunakan 10 simbol, bilangan ini hanya menggunakan 2 simbol yaitu 0 dan 1.Bilangan apakah itu ? Ya,benar bilangan itu merupakan bilangan biner.Contoh bilangan biner adalah 1110.Bilangan biner merupakan satu dari empat sistem bilangan digital yang sering digunakan.Sistem bilangan lainnya adalah desimal, oktal dan heksadesimal

Baca juga : Apa itu Cookie dan Kegunaannya

Apa Fungsi Bilangan Biner ?

Bilangan biner menjadi dasar dalam sistem bilangan digital ssat ini karena sistem komputer kita yang hanya mengenal 2 angka yaitu 0 dan 1.

Saat kita menggunakan komputer kita, biasanya kita akan memakai keyboard untuk menginput angka, huruf, simbol maupun perintah tertentu seperti space, shift, caps lock, back space dll sebenarnya yang dibaca komputer hanya angka 0 dan 1 yang kemudian ditranslasikan menjadi perintah maupun simbol tersebut.Untuk lebih mendetailnya kalian bisa baca di SINI mengenai ASCII

Bilangan biner ini juga berguna untuk menyatakan ukuran suatu file.Kalian tahu bit ? bit merupakan satuan terkecil dalam ukuran data.Sebenarnya bit ini merupakan kepanjangan dari binary digit jadi bit itu merupakan digit biner itu sendiri.

Saat bit sudah mencapai 8 digit maka itu sudah bisa disebut sebagai 1 byte.byte sendiri merupakan jumlah bit yang digunakan sebagai pengkodean suatu karakter dalam komputer, selain itu digunakan juga dalam pengamatan unit memori terkecil dalam komputer.bit biasanya dilambangkan dengan b sedangkan byte dilambangkan dengan B.

Note : 1 Byte = 8 Bit
           1 Kilo Byte = 1.024 Byte
           1 Mega Byte = 1.024 Kilo Byte 
           1 Giga Byte = 1.024 Mega Byte
           1 Tera Byte = 1.024 Giga Byte
       dst

Kalau untuk menyatakan ukuran file biasanya kita akan memakai byte sedangkan untuk kecepatan transfer data kita akan memakai bit jadi jangan sampai keliru ketika menjumpai bit dan byte.Sebagai contoh, 10 Mbps sebenarnya adalah 10/8 = 1,25 MB/s = 1,25x 1000/1024 = 1220,7 KB/s

Baca juga : Pengertian Torrent dan Istilah Yang Berkaitan Dengan Torrent

Bagaimana Cara Konversi Biner ke Desimal Maupun Sebaliknya ?

Sebagai contoh kita akan mencoba convert angka biner 10110 ke desimal

Caranya adalah sebagai berikut :

cara mengubah bilangan biner ke desimal




di gambar tersebut saya sudah mempraktekkan caranya semoga anda bisa mencari senditi bagaimana caranya

Bagaimana kalau proses sebaliknya ? Yaitu convert desimal ke biner ?

Untuk pembuktian saja kita akan coba convert 22 menjadi bilangan biner

Caranya tertera di gambar berikut :

cara mengubah desimal ke biner

 Jadi, 22 = 10110 (cara membaca pada gambar nya yaitu sisa di bawah ke atas

Sekian postingan mengenai Apa itu Bilangan Biner ? Semoga bermanfaat bagi yang telah membacanya







Jangan spam atau promosi di sini jgn juga taruh link aktif kalau mau dapat backlink bisa taruh di profil saja (Name/URL)
EmoticonEmoticon